Kompas.com - 16/11/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Aston Martin baru-baru ini memamerkan motor bertenaga besar AMB 001 Pro di EICMA 2022 di Milan. Ini adalah model kedua yang dibangun bekerja sama dengan Brough Superior.

Dilansir dari Ride Apart (16/11/2022), AMB 001 Pro mengambil inspirasi dari hypercar Valkyrie AMR Pro. Seperti AMB 001 2019, kabarnya model baru ini akan diproduksi dalam jumlah terbatas, tepatnya 88 unit.

"Kesuksesan pendahulunya, ditambah dengan Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang luar biasa, menginspirasi kami untuk berkumpul lagi untuk membuat superbike baru,” kata CEO Brough Superior Thierry Henriette.

Baca juga: Bukan Pakai Genesis G80 Electrified, Presiden Perancis Pilih SUV Legendaris Ini

Aston Martin AMB 001 Pro motor1.com Aston Martin AMB 001 Pro

“Kami sangat bangga dengan jenis mesin baru, dengan bak mesin yang sepenuhnya dikerjakan dari aluminium billet padat, yang merupakan fitur unik untuk sepeda motor produksi. Dengan peningkatan daya yang nyata, ini membawa AMB 001 Pro ke sektor hyperbike,” kata dia.

AMB 001 Pro terlihat sangat agresif dan futuristik. Salah satu yang menarik, fairing depan motor ini terbuat dari serat karbon dan komposit lainnya. Alhasil, bobot motor hanya 175 kg (berat kering).

Bicara soal dapur pacu, AMB 001 Pro digerakkan mesin Supercharged DOHC V-twin berkapasitas 997 cc.

Baca juga: Rekor, WSBK Mandalika 2022 Sedot Lebih dari 51.000 Penonton

Aston Martin AMB 001 Pro motor1.com Aston Martin AMB 001 Pro

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 225 Tk, 42 Tk lebih banyak daripada model lama. Lalu, dikawinkan dengan girboks 6-percepatan melalui slipper clutch.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, suspensi depan pakai garpu aluminium tipe Fior dan lengan ayun aluminium die-cast di bagian belakang.

Adapun pengereman didukung oleh cakram depan ganda 320 mm dan rem cakram tunggal 230 mm di bagian belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.