Kompas.com - 15/11/2022, 10:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Ngecas aki atau melakukan pengisian daya aki pada mobil bisa diatur sedemikian rupa. Mau dibikin cepat atau lambat, bisa disetel pada alat yang digunakan.

Semakin besar ampere yang masuk ke aki, maka akan lebih cepat penuh. Begitu juga sebaliknya, bila ampere yang masuk ke aki dibikin kecil, maka aki akan lama penuh.

Hanya saja bila ampere yang masuk terlalu besar efeknya aki akan menjadi cepat panas. Lantas, mana yang lebih baik mengecas aki mobil dengan cepat atau pelan?

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Aki Mobil?

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan pengisian aki mobil akan lebih baik bila dilakukan dengan pelan.

“Semakin besar nilai ampere yang digunakan untuk mengisi aki, maka proses pengisian daya akan semakin cepat, tapi bila mau hasilnya bagus sebaiknya melakukan pengisian dengan pelan-pelan saja,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Dia mengatakan pengisian daya aki dengan cepat akan membuat aki cepat panas, hal itu tentu saja membuat sel aki rawan rusak.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Aki Mobil Soak?

Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.Dicky Aditya Wijaya Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.

“Ketika ampere yang dimasukkan ke aki besar, maka pengisian daya aki akan lebih cepat, tapi bila diamati aki akan cepat panas, penguapan air aki juga sangat besar, hal itu cenderung membuat sel aki cepat rusak,” ucap Wawan.

Dia juga mengatakan pengisian aki yang cepat tersebut terkadang membuat aki penuh palsu.

“Memang aki penuh, saat diukur sudah 100 persen terisi, tapi begitu diuji dengan beban aki akan drop, ini yang namanya penuh palsu bila aki dicas dengan cepat,” ucap Wawan.

Baca juga: Apa Beda Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel?

Mekanik Astra Daihatsu Majapahit sedang melakukan cek kondisi aki. Dicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Majapahit sedang melakukan cek kondisi aki.

Dia mengatakan berbeda dengan pengisian aki pelan, ketika aki sudah penuh biasanya kualitasnya lebih bagus.

“Bila pengisian aki pelan, dengan ampere kecil, biasanya aki cenderung terisi penuh dengan baik, kualitasnya baik, saat diuji dengan beban tidak mudah drop,” ucap Wawan.

Jadi, pengisian daya aki sebaiknya dilakukan dengan pelan atau menggunakan ampere kecil meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.