Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan jika Aki Mobil Soak?

Kompas.com - 14/11/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi aki mobil memang susah diprediksi masih bagus atau tidak hanya dengan mengandalkan perasaan.

Bahkan, sering terjadi aki tekor secara tiba-tiba setelah mobil parkir. Hal itu tentu saja cukup merepotkan pengendara, terlebih lagi bila saat dalam perjalanan.

Lantas, apa sih yang sebaiknya dilakukan bila aki mobil tekor?

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor. Kompas.com Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor.

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan saat aki mobil tekor hal yang perlu dilakukan adalah memastikan apakah benar aki tersebut yang rusak atau hal lain.

“Pertama, ini penting sekali yaitu memastikan apa benar aki yang mengalami tekor atau ada masalah lain pada mesin, karena banyak ditemui sebenarnya aki mobil masih cukup bagus tapi saat distarter panjang, seperti aki mengalami tekor,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan untuk memastikan apa benar aki yang tekor, hal pertama yang perlu dipastikan adalah memeriksa terminal aki.

Baca juga: Dampak Mengganti Aki Mobil Lebih Besar dari Standar Pabrikan

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

“Periksa terminal akinya, apakah kendor atau tidak, ada terminal positif dan negatif pada aki, itu aman untuk dipegang menggunakan tangan, goyangkan saja untuk memeriksanya bila tidak kendor, maka dapat disimpulkan terminal aki aman,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan setelah terminal aki terpasang dengan baik, maka langkah selanjutnya bisa mencoba untuk menstarter mobil lagi.

“Coba beberapa kali lagi untuk menstarter mobil, siapa tahu masalah hanya karena terminal aki yang kendor, sambil memutar kontak sesekali bisa menyalakan lampu bila lampu redup ketika motor starter aktif, maka dapat dipastikan akinya sudah tekor,” ucap Iqbal.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per November 2022

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Dia mengatakan bila aki sudah tekor maka solusinya harus memanggil tukang aki untuk mendapatkan pertolongan.

“Kalau memang aki tekor, solusi paling baik ya diganti, kalau pun dalam kondisi yang kepepet, misal jauh dari toko aki, maka bisa meminta tolong mobil lain untuk dilakukan jumper aki, itu bisa menolong untuk sementara sampai ke bengkel atau toko aki terdekat,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan tidak perlu memaksakan aki yang sudah tekor, karena itu justru bisa merusak motor starter.

Baca juga: Jangan Nekat Mengganti Aki Mobil Lebih Kecil dari Standar Pabrikan

“Jangan memaksakan, misal sudah terkonfirmasi bahwa akinya yang tekor, maka sebaiknya jangan terus menstarter mobil, itu bisa merusak motor starternya,” ucap Iqbal.

Jadi, ketika aki mobil Anda tekor maka sebaiknya perlu dikonfirmasi terlebih dulu apa benar aki yang tekor atau karena masalah lain. Anda juga bisa memanggil tukang aki, atau menjumper aki untuk darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com