Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik

Kompas.com - 14/11/2022, 08:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak pengendara mobil matik yang masih asal mengoperasikan transmisi, khususnya ketika berhenti lama atau sedang parkir.

Kebanyakan pengendara langsung memilih menggeser atau memindahkan tuas transmisi ke posisi P (parking) dari D (drive). Begitu juga sebaliknya ketika akan mulai berjalan.

Proses perpindahan tersebut sebenarnya kurang tepat dilakukan. Bahkan bila pengendara sensitif, terkadang saat transisi terasa ada hentakan keras.

Hermas E Prabowo, pemilik Worner Matic mengatakan, cara tersebut tidak benar dan bila jadi kebiasaan bisa mempengaruhi usia komponen transmisi. 

Baca juga: Begini Efek Samping Bila Sering Jumper Aki

Menurut Hermas, paling utama saat akan memindahkan posisi tuas transmisi yang harus benar-benar dipastikan mobil sudah dalam kondisi berhenti. 

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

"Sebelum memindahkan posisi gigi dari D ke P, keempat roda kendaraan dipastikan berhenti total. Hal itu untuk mencegah gigi transmisi overheat karena terbebani perpindahan mendadak," kata Hermas kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022). 

Mekanisme kerja transmisi memiliki sebuah pengunci yang aktif sendirinya saat tuas dipindahkan ke posisi P. 

Pengunci transmisi memiliki ukuran berbeda-beda. Ada yang hanya memiliki panjang sekitar 1 hingga 2,5 cm dengan diameter 3 cm.

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik- Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

 

Dengan ukuran sekecil itu, tugasnya cukup berat karena harus menahan bobot kendaraan seluruhnya. Lantaran itu, sebaiknya jangan langsung ke P, tapi berikan jeda ke N (netral) bila perli dibarengi dengan menarik rem tangan. 

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil

"Alurnya, dari posisi gigi transmisi D diawali menghentikan kendaraan, kemudian baru di pindah ke posisi N. Jadi, ada sedikit jeda yang diberikan agar menghindari perpindahan gigi secara kasar," kata dia. 

Hal yang sama sebelumnya dijelaskan Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi yang mengatakan, kebiasan buruk langsung memindakan dari posisi D ke P, dapat memengaruhi umur transmisi.

Mekanisme kerja transmisi mobil matik Mobilmo.com Mekanisme kerja transmisi mobil matik

"Dari D bisa dipindahkan ke N untuk menghilangkan torsi dari mesin (posisi kaki menginjak rem), lalu rem tangan dan pindah ke posisi P sehingga gigi pawl locking tidak terlalu berat karena menahan beban kendaraan," ucap Didi.

“Karena kalau dari posisi D langsung ke P, kemudian aktifkan rem tangan, pada saat kaki melepas pedal rem ada potensi mobil maju atau mundur (tergantung permukaan parkir), sehingga pawl lock berat bebannya dalam menahan kendaraan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com