Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini

Kompas.com - 14/11/2022, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data di atas kertas, sebagai pendatang baru Honda WR-V yang menggunakan mesin 1.500 cc layaknya BR-V, memiliki tenaga sebesar 121 PS atau 119,2 tk dan torsi 145 Nm.

Tenaga tersebut lebih besar dari para rivalnya yang sudah lebih dulu hadir meramaikan segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Sebut saja seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, sampai duet merek Korea Selatan yang mengusung mesin 1.500 cc, yakni Kia Sonet dan Hyundai Creta.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Hal ini menjadi salah satu poin plus bagi Honda WR-V sebagai pendatang baru, selain dari bentuk desain yang boleh dibilang lebih fresh sebagai small SUV.

Honda WR-V RS with Honda SensingHPM Honda WR-V RS with Honda Sensing

Namun bukan berarti WR-V langsung menang telak. Bila diperhatikan, ada beberapa kekurangan yang membuat SUV baru Honda ini terkesan tanggung dari segi fitur.

Pertama, soal absennya opsi transmisi manual. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengeluarkan WR-V dalam tiga varian yang semuanya dibekali transmisi CVT.

Bagi konsumen perkotaan memang transmisi matik lebih diminati, namun tidak semua untuk yang di daerah. Rata-rata masih suka mengendarai mobil manual.

Baca juga: Adu Tenaga WR-V, Raize, Rocky, Creta, dan Sonet, Mana Paling Besar?

Honda WR-V RS with Honda SensingHPM Honda WR-V RS with Honda Sensing

Dari pengalaman redaksi saat menjajal singkat, ternyata Honda tak melengkapi WR-V dengan paddle shift, termasuk untuk varian tertinggi yang sudah mengusung teknologi Honda Sensing. Beda dengan Toyota Raize TSS yang secara harga masih lebih murah.

Meski terkesan sepele, keberadaan paddle shift sebenarnya bisa menambah sensasi fun to drive bagi pengendara. Ditambah lagi ternyata sistem kemudi WR-V juga belum mengusung telescopic.

Ketika menanyakan hal ini, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy mengatakan, absenya paddle shift dan telescopic pada WR-V sudah melalui study yang pastinya juga menyesuaikan harga jual.

Baca juga: Pakai Harian di Dalam Kota, Ini Hasil Konsumsi BBM Suzuki S-Presso

"Semua fitur dan teknologi yang disematkan pada kendaraan kami selalu mengikuti apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen melalui berbagai study," ujar Billy kepada Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

"Bisa saja semua fitur digunakan, namun harga tidak sesuai, karena itu segmen apa kendaraannya, terget market seperti apa, perlu study yang panjang," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com