Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Teknologi Strong Hybrid, BBM Suzuki Swift Baru Tembus 35 Kpl

Kompas.com - 12/11/2022, 18:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil baru dari Maruti Suzuki, yakni Swift, kabarnya akan dilengkapi dengan teknologi strong hybrid.

Jadwal peluncuran generasi baru dari hatchback Suzuki ini direncanakan pada kuartal pertama 2024. Dikutip dari Autocar India, Swift baru dilengkapi dengan mesin 1.200 cc tiga silinder dengan kode Z12E.

Mesin ini dikawinkan dengan teknologi hybrid Toyota yang sebenarnya sudah digunakan pada Grand Vitara dan Urban Cruiser Hyryder.

Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik itu diklaim membuat Swift jadi mobil paling hemat BBM di India. Konsumsi bahan bakarnya bisa menembus 35 kpl-40 kpl dalam pengetesan ARAI-rated.

Baca juga: Menanti Kehadiran Generasi Terbaru Suzuki Swift

Kamuflase mobil yang diduga Suzuki Swiftcarscoops.com Kamuflase mobil yang diduga Suzuki Swift

Sebagai perbandingan, Swift yang sekarang dijual dengan mesin bensin menghasilkan konsumsi bahan bakar 22,56 kpl sampai 24,1 kpl. Sedangkan untuk Grand Vitara Strong Hybrid, konsumsinya 27,97 kpl.

Hal ini jadi kabar bagus untuk para konsumen. Mengingat untuk mobil perkotaan, konsumsi bahan bakar yang hemat masih jadi salah satu faktor penentu dalam memilih kendaraan.

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota


Namun dengan segala manfaat yang diterima dari mobil hybrid, ada harga yang harus dibayarkan.

Meski demikian, dikabarkan Maruti Suzuki dan Toyota bekerja keras untuk menekan harganya tidak jauh berbeda dibanding model mesin konvensional.

Lokalisasi dari berbagai komponen dilakukan. Dibandingkan harga antara Grand Vitara yang mild-hybrid dan strong hybrid, ada selisih sekitar Rp 50 jutaan.

Tetapi untuk Suzuki Swift yang nanti keluar, diusahakan selisihnya sekitar Rp 20 jutaan. Jadi perbedaan harga kedua tipe tidak terlalu jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com