Kompas.com - 12/11/2022, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil baru dari Maruti Suzuki, yakni Swift, kabarnya akan dilengkapi dengan teknologi strong hybrid.

Jadwal peluncuran generasi baru dari hatchback Suzuki ini direncanakan pada kuartal pertama 2024. Dikutip dari Autocar India, Swift baru dilengkapi dengan mesin 1.200 cc tiga silinder dengan kode Z12E.

Mesin ini dikawinkan dengan teknologi hybrid Toyota yang sebenarnya sudah digunakan pada Grand Vitara dan Urban Cruiser Hyryder.

Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik itu diklaim membuat Swift jadi mobil paling hemat BBM di India. Konsumsi bahan bakarnya bisa menembus 35 kpl-40 kpl dalam pengetesan ARAI-rated.

Baca juga: Menanti Kehadiran Generasi Terbaru Suzuki Swift

Kamuflase mobil yang diduga Suzuki Swiftcarscoops.com Kamuflase mobil yang diduga Suzuki Swift

Sebagai perbandingan, Swift yang sekarang dijual dengan mesin bensin menghasilkan konsumsi bahan bakar 22,56 kpl sampai 24,1 kpl. Sedangkan untuk Grand Vitara Strong Hybrid, konsumsinya 27,97 kpl.

Hal ini jadi kabar bagus untuk para konsumen. Mengingat untuk mobil perkotaan, konsumsi bahan bakar yang hemat masih jadi salah satu faktor penentu dalam memilih kendaraan.

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota


Namun dengan segala manfaat yang diterima dari mobil hybrid, ada harga yang harus dibayarkan.

Meski demikian, dikabarkan Maruti Suzuki dan Toyota bekerja keras untuk menekan harganya tidak jauh berbeda dibanding model mesin konvensional.

Lokalisasi dari berbagai komponen dilakukan. Dibandingkan harga antara Grand Vitara yang mild-hybrid dan strong hybrid, ada selisih sekitar Rp 50 jutaan.

Tetapi untuk Suzuki Swift yang nanti keluar, diusahakan selisihnya sekitar Rp 20 jutaan. Jadi perbedaan harga kedua tipe tidak terlalu jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.