Pesan Marquez untuk Mir dan Rins di Honda, Harus Terbiasa Terjatuh

Kompas.com - 09/11/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah tim pabrikan dan satelit MotoGP melakukan perombakan susunan pebalap untuk perlombaan musim depan.

Contohnya Joan Mir dan Alex Rins yang akan memulai petualangannya bersama Honda di MotoGP 2023, imbas dari mundurnya Suzuki pada musim depan. Alex Rins akan bergabung dengan tim satelit LCR, sedangkan Joan Mir menjadi tandem Marc Marquez di Repsol Honda.

Pada Selasa (8/11/2022), Rins dan Mir berkesempatan menjajal mengendarai RC213V di tes Valencia 2022. Bergabungnya kedua mantan rider Suzuki itu pun mendapat sambutan dari Bintang Honda Marc Marquez.

Baca juga: Gresini Racing Dapat Penghargaan Tim Satelit Terbaik MotoGP 2022

"Saya selalu berpikir bahwa para pebalap yang datang ke Honda akan melaju dengan cepat. Jika mereka berjuang maka saya sudah memenanginya," ucap Marquez usai GP Malaysia, dikutip dari Motorsport, Rabu (9/11/2022).

Duet pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins saat peluncuran motor GSX-RR untuk musim kompetisi MotoGP 2019, Minggu (3/2/2019).Screenshot Motogp.com Duet pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins saat peluncuran motor GSX-RR untuk musim kompetisi MotoGP 2019, Minggu (3/2/2019).

"Anda tidak dapat mengharapkan mereka untuk tidak menjadi kuat, dan kemudian mereka menjadi kuat dan Anda menjadi lengah. Ada dua pebalap hebat yang datang, satu yang memenangi balapan dan yang lainnya adalah juara dunia," lanjutnya.

Meski begitu, rider yang mendapat julukan The Baby Alien itu turut memberikan wejangan kepada dua rekan barunya di tim Honda. Menurut Marquez, Honda merupakan motor yang sulit untuk ditaklukan.

"Honda adalah motor yang berbeda. Sejauh ini, semua orang yang mengendarainya menderita. Honda adalah motor di mana jika Anda ingin menemukan batasnya, Anda harus terjatuh, dan di situlah kepercayaan diri dan keberuntungan membantu Anda,” ucap rider berusia 29 tahun itu.

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).BAY ISMOYO Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).

“Anda memerlukan kepercayaan diri yang tinggi agar kecelakaan tidak mengurangi kepercayaan diri Anda, dan keberuntungan agar Anda tidak cedera. Itu adalah pesan yang realistis, saya tidak mengada-ada. Lihatlah statistiknya," lanjutnya.

Berdasarkan data yang ada, menunjukkan bahwa Marquez telah mengalami 18 kecelakaan dalam dua belas Grand Prix tahun ini, sementara Pol Espargaro dan Alex Marquez masing-masing telah mengalami 21 kali kecelakaan. Takaaki Nakagami, yang absen pada bagian akhir musim, terjatuh 12 kali dan Stefan Bradl enam kali.

Baca juga: Motor Listrik Makin Murah, Menhub Bakal Lakukan Uji Kualitas

Adapun untuk tes resmi MotoGP di Valencia, Selasa (8/11), Honda akan membawa versi RC213V 2023 yang telah mereka uji coba di sirkuit Jerez akhir pekan ini dengan test rider Stefan Bradl.

"Honda telah menguji motor yang akan saya uji pada hari Selasa di Jerez. Saya tahu ini memiliki sasis baru, tetapi saya tidak memiliki lebih banyak informasi tentang mesinnya. Saya pikir ini adalah langkah untuk maju," kata pebalap asal Spanyol itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.