Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Marquez untuk Mir dan Rins di Honda, Harus Terbiasa Terjatuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah tim pabrikan dan satelit MotoGP melakukan perombakan susunan pebalap untuk perlombaan musim depan.

Contohnya Joan Mir dan Alex Rins yang akan memulai petualangannya bersama Honda di MotoGP 2023, imbas dari mundurnya Suzuki pada musim depan. Alex Rins akan bergabung dengan tim satelit LCR, sedangkan Joan Mir menjadi tandem Marc Marquez di Repsol Honda.

Pada Selasa (8/11/2022), Rins dan Mir berkesempatan menjajal mengendarai RC213V di tes Valencia 2022. Bergabungnya kedua mantan rider Suzuki itu pun mendapat sambutan dari Bintang Honda Marc Marquez.

"Saya selalu berpikir bahwa para pebalap yang datang ke Honda akan melaju dengan cepat. Jika mereka berjuang maka saya sudah memenanginya," ucap Marquez usai GP Malaysia, dikutip dari Motorsport, Rabu (9/11/2022).

"Anda tidak dapat mengharapkan mereka untuk tidak menjadi kuat, dan kemudian mereka menjadi kuat dan Anda menjadi lengah. Ada dua pebalap hebat yang datang, satu yang memenangi balapan dan yang lainnya adalah juara dunia," lanjutnya.

Meski begitu, rider yang mendapat julukan The Baby Alien itu turut memberikan wejangan kepada dua rekan barunya di tim Honda. Menurut Marquez, Honda merupakan motor yang sulit untuk ditaklukan.

"Honda adalah motor yang berbeda. Sejauh ini, semua orang yang mengendarainya menderita. Honda adalah motor di mana jika Anda ingin menemukan batasnya, Anda harus terjatuh, dan di situlah kepercayaan diri dan keberuntungan membantu Anda,” ucap rider berusia 29 tahun itu.

“Anda memerlukan kepercayaan diri yang tinggi agar kecelakaan tidak mengurangi kepercayaan diri Anda, dan keberuntungan agar Anda tidak cedera. Itu adalah pesan yang realistis, saya tidak mengada-ada. Lihatlah statistiknya," lanjutnya.

Berdasarkan data yang ada, menunjukkan bahwa Marquez telah mengalami 18 kecelakaan dalam dua belas Grand Prix tahun ini, sementara Pol Espargaro dan Alex Marquez masing-masing telah mengalami 21 kali kecelakaan. Takaaki Nakagami, yang absen pada bagian akhir musim, terjatuh 12 kali dan Stefan Bradl enam kali.

Adapun untuk tes resmi MotoGP di Valencia, Selasa (8/11), Honda akan membawa versi RC213V 2023 yang telah mereka uji coba di sirkuit Jerez akhir pekan ini dengan test rider Stefan Bradl.

"Honda telah menguji motor yang akan saya uji pada hari Selasa di Jerez. Saya tahu ini memiliki sasis baru, tetapi saya tidak memiliki lebih banyak informasi tentang mesinnya. Saya pikir ini adalah langkah untuk maju," kata pebalap asal Spanyol itu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/09/084200215/pesan-marquez-untuk-mir-dan-rins-di-honda-harus-terbiasa-terjatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke