Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Jual Motor Listrik di Indonesia, Kawasaki Masih Tahap Rencana

Kompas.com - 08/11/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah produsen roda dua asal Jepang telah mengenalkan produk motor listrik, meski belum dijual secara resmi. Kawasaki pun tak ingin ketinggalan dalam tren elektrifikasi, namun pabrikan ‘geng hijau’ belum memastikan kapan meluncurkan motor listrik.

Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya sudah berencana memasarkan motor listrik di Indonesia.

“Nantinya pasti karena pemerintah mulai push, yang pasti kita juga akan masuk,” ujar Michael, kepada wartawan di Jakarta (7/11/2022).

Baca juga: Lima Hari Meluncur, Honda WR-V Diklaim Terpesan Lebih dari 500 unit

Booth Kawasaki di IMOS 2022Gilang - KOMPAS.com Booth Kawasaki di IMOS 2022

Sebagai informasi, Kawasaki secara global telah meluncurkan EV Prototype, yang menjadi bagian dari rencana pabrikan asal Jepang tersebut untuk melansir lebih dari 10 motor listrik dan hibrida listrik pada tahun 2025.

EV Prototype merupakan motor listrik sport setara motor bensin 125cc. Sesuai tampilannya, motor ini bergaya sport yang merupakan ciri khas Kawasaki. Berbeda dengan banyak motor listrik lain bergaya skutik.

Saat ditanya apakah produk ini yang bakal hadir di Indonesia, Michael mengaku, masih menunggu dan melihat perkembangan ke depan.

Baca juga: Cek Diskon LCGC Bulan Ini, Brio Satya Tembus Rp 11 Juta

“Yang di Intermot pun Kawasaki Indonesia belum dapet official info soal spek dan segalanya, jadi belum bisa komen apakah itu nantinya yang akan masuk di Indonesia atau enggak,” ucap Michael.

“Pastinya (ada rencana elektrifikasi), pemerintah soalnya menggemborkan masalah listrik,” kata dia.

Untuk diketahui, tampilan EV Prototype mirip dengan Kawasaki Z400, lantaran rangkanya memang diambil dari Z400. Sehingga bodi, tail, cluster lampu depan, dan pengaturan suspensi depan mirip Z400.

Baca juga: Hadiah Menang di Valencia, Rins Ngotot Ingin Bawa Pulang Suzuki GSX-RR

Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electricautoby.jp Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electric

Perbedaannya ialah EV Prototype memiliki tangki yang lebih kecil, karena sebagai motor listrik tidak perlu tangki bensin tradisional.

Spesifikasi teknis atau spesifikasi model produksi dari motor ini juga belum diungkap. Namun rem dan roda disebut dipinjam dari Z300 atau Ninja 300.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.