Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Jual Motor Listrik di Indonesia, Kawasaki Masih Tahap Rencana

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah produsen roda dua asal Jepang telah mengenalkan produk motor listrik, meski belum dijual secara resmi. Kawasaki pun tak ingin ketinggalan dalam tren elektrifikasi, namun pabrikan ‘geng hijau’ belum memastikan kapan meluncurkan motor listrik.

Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya sudah berencana memasarkan motor listrik di Indonesia.

“Nantinya pasti karena pemerintah mulai push, yang pasti kita juga akan masuk,” ujar Michael, kepada wartawan di Jakarta (7/11/2022).

Sebagai informasi, Kawasaki secara global telah meluncurkan EV Prototype, yang menjadi bagian dari rencana pabrikan asal Jepang tersebut untuk melansir lebih dari 10 motor listrik dan hibrida listrik pada tahun 2025.

EV Prototype merupakan motor listrik sport setara motor bensin 125cc. Sesuai tampilannya, motor ini bergaya sport yang merupakan ciri khas Kawasaki. Berbeda dengan banyak motor listrik lain bergaya skutik.

Saat ditanya apakah produk ini yang bakal hadir di Indonesia, Michael mengaku, masih menunggu dan melihat perkembangan ke depan.

“Yang di Intermot pun Kawasaki Indonesia belum dapet official info soal spek dan segalanya, jadi belum bisa komen apakah itu nantinya yang akan masuk di Indonesia atau enggak,” ucap Michael.

“Pastinya (ada rencana elektrifikasi), pemerintah soalnya menggemborkan masalah listrik,” kata dia.

Untuk diketahui, tampilan EV Prototype mirip dengan Kawasaki Z400, lantaran rangkanya memang diambil dari Z400. Sehingga bodi, tail, cluster lampu depan, dan pengaturan suspensi depan mirip Z400.

Perbedaannya ialah EV Prototype memiliki tangki yang lebih kecil, karena sebagai motor listrik tidak perlu tangki bensin tradisional.

Spesifikasi teknis atau spesifikasi model produksi dari motor ini juga belum diungkap. Namun rem dan roda disebut dipinjam dari Z300 atau Ninja 300.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/08/102200915/soal-jual-motor-listrik-di-indonesia-kawasaki-masih-tahap-rencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke