Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Wuling Pakai Mesin 2.0 L Non-turbo untuk Almaz Hybrid

Kompas.com - 07/11/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz Hybrid resmi meluncur dengan dapur pacu yang berbeda dari Almaz lainnya. Wuling menggunakan mesin 2.0 L.

Almaz Hybrid dibekali dengan mesin berkapasitas 1.999 cc, 4-silinder segaris, dengan siklus Atkinson. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 123 tk pada 5.600 rpm dan torsi 168 Nm pada rentang 4.000 rpm hingga 4.400 rpm.

Baca juga: Impresi Perdana Berkendara Wuling Almaz Hybrid, Mulus dan Bertenaga

Berbeda dengan Almaz lainnya, di mana Wuling mengandalkan mesin 1.5 L yang sudah dilengkapi dengan turbo.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 140 tk pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada rentang 1.600 rpm hingga 3.600 rpm.

Mesin Wuling Almaz HybridKompas.com/Adityo Mesin Wuling Almaz Hybrid

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan mesin tersebut adalah mesin yang baru, yang memang dikembangkan untuk penggerak hybrid.

"Jadi, kalau dilihat spesifikasi, engine 2.0 L ini menggunakan siklus Atkinson yang pada umumnya memang sangat digemari oleh produsen-produsen di dunia untuk dipadukan dengan penggerak hybrid," ujar Danang, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Ulik Cara Kerja Teknologi Hibrida Wuling Almaz Hybrid

Danang menambahkan, salah satu kelebihan dari mesin tersebut adalah efisiensi thermal-nya lebih tinggi dari mesin dengan siklus Otto yang umum.

Wuling menyediakan 4 unit Almaz Hybrid bagi komunitas Wuling untuk melintasi track Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol sejauh 2,4 kilometer per putaranDok. Wuling Wuling menyediakan 4 unit Almaz Hybrid bagi komunitas Wuling untuk melintasi track Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol sejauh 2,4 kilometer per putaran

"Ketika dipadukan dengan motor listrik, mesin itu bisa sangat efisien," kata Danang.

Danang mengatakan, menurut pengujian yang dilakukan Wuling secara internal, Almaz Hybrid dapat menghasilkan efisiensi BBM sebesar 19 kilometer per liter.

Mesin tersebut dipadukan dengan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang dikembangkan secara khusus untuk membagi daya secara cepat dan tanpa jeda dengan pilihan tiga mode berkendara, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid yang diatur melalui sistem cerdas kendaraan.

Wuling membanderol Almaz Hybrid dengan Rp 470 juta (OTR Jakarta). Mobil ini tersedia empat pilihan warna, yakni Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.