Kompas.com - 07/11/2022, 15:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Sepeda motor bebek bekas, masih menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang karena menawarkan keunggulan dari sisi harga jual yang lebih murah. 

Banyak konsumen yang beranggapan motor bebek lebih unggul dibandingkan motor matik atau skutik, karena perawatan yang relatif mudah. 

Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga dinilai lebih irit karena pengendalian perpindahan gigi diatur oleh pengendara sesuai kebutuhan. 

Dwi Prabowo, pemilik showroom Bowo Motor mengatakan, banyak konsumen tergiur motor bebek bekas karena harganya sangat terjangkau. 

"Murah, cukup Rp 5 jutaan sudah dapat beberapa model seperti Honda Supra X 125, Blade, dan lainnya. Unit rata-rata juga masih bermesin karburator, jadi perawatan mudah," kata dia Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Baca juga: BPKB dan STNK Khusus Kendaraan Listrik Sudah Siap Edar

Motor bebek dengan mesin karburator dinilai jarang rewel dan mampu diandalkan melibas medan apapun. Perawatan berkala juga mudah dan praktis, banyak bengkel rumahan yang bisa mengerjakan. 

Showroom sepeda motor bekasDicky Aditya Wijaya Showroom sepeda motor bekas

Tak heran, Dwi mengatakan, banyak konsumen yang sengaja membeli motor bebek untuk dijadikan alat transportasi utama harian. 

"Sejak pandemi Covid-19 kondisi ekonomi ya seperti ini. Banyak pekerja yang memilih motor bebek karena dinilai menguntungkan jika hitung-hitungan soal perawatan dan biaya operasional," ucapnya. 

Meskipun demikian, Dwi menjelaskan, populasi unit terbilang relatif langka karena kalah saing dari skutik. 

"Ada stok, cuma paling 3 bulan sekali ready. Tapi, lakunya cepat, belum genap sebulan sudah terjual biasanya," kata dia. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.