Spek Ducati Desmosedici GP22, Motor Juara MotoGP 2022 Pecco Bagnaia

Kompas.com - 07/11/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Francesco Bagnaia merayakan kemenangan di MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, meskipun tidak finis pertama.

Mengakhiri balap di urutan 9, Bagnaia berhasil unggul 17 poin dari Fabio Quartararo yang menempati urutan 4. Di klasemen akhir, Pecco mengumpulkan 265 poin, sementara El Diablo 248 poin.

Salah satu rahasia kemenangan Bagnaia tentu saja motor Ducati Desmosedici GP22, yang secara tampilan masih mirip dengan musim lalu, dengan dominasi warna merah.

Baca juga: Berapa Harga Calon Motor Listrik Honda?

Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 5 November 2022. Hasil balapan di MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022), memastikan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 5 November 2022. Hasil balapan di MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022), memastikan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022.

Di atas kertas, Ducati Desmosedici GP22 menggendong mesin V4 90°, empat tak, Desmodromic DOHC, empat katup per silinder berpendingin cairan, berkapasitas 1.000 cc.

Tenaga dari mesin Desmodromic V4 1.000 cc itu mencapai lebih dari 250 Tk, dengan kecepatan maksimalnya tembus 350 kpj.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi Ducati Seamless. Sistem pengabutannya menggunakan indirect electronic injection, dengan sistem pembuangan memanfaatkan knalpot dari Akrapovic.

Baca juga: Perjuangan Bus DAMRI Perintis, Lewati Rute Jalan Rusak Sejauh 4.000 Km

Beranjak ke bagian kaki-kaki, Ducati Desmosedici GP22 menggunakan pelek Marchesini magnesium alloy. Pelek itu dibalut ban Michelin 17 inchi di depan dan belakang.

Untuk daya pengereman, di depan ada rem Brembo dengan dua cakram karbon 340 mm yang dijepit kaliper empat piston. Ditambah di belakang ada rem cakram tunggal stainless steel dengan kaliper dua piston.

Sementara itu, Ducati Desmosedici GP22 mengusung rangka aluminium alloy twin-spar. Di depan ada suspensi upside down dari Ohlins dengan tabung luar karbon.

Adapun di belakang ada sokbreker Ohlins. Suspensi Ohlins itu bisa disetel preload dan damping.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.