Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Rp 5 Jutaan, Cek Harga Motor Bebek Bekas di Semarang

SEMARANG,KOMPAS.com - Sepeda motor bebek bekas, masih menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang karena menawarkan keunggulan dari sisi harga jual yang lebih murah. 

Banyak konsumen yang beranggapan motor bebek lebih unggul dibandingkan motor matik atau skutik, karena perawatan yang relatif mudah. 

Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga dinilai lebih irit karena pengendalian perpindahan gigi diatur oleh pengendara sesuai kebutuhan. 

Dwi Prabowo, pemilik showroom Bowo Motor mengatakan, banyak konsumen tergiur motor bebek bekas karena harganya sangat terjangkau. 

"Murah, cukup Rp 5 jutaan sudah dapat beberapa model seperti Honda Supra X 125, Blade, dan lainnya. Unit rata-rata juga masih bermesin karburator, jadi perawatan mudah," kata dia Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Motor bebek dengan mesin karburator dinilai jarang rewel dan mampu diandalkan melibas medan apapun. Perawatan berkala juga mudah dan praktis, banyak bengkel rumahan yang bisa mengerjakan. 

Tak heran, Dwi mengatakan, banyak konsumen yang sengaja membeli motor bebek untuk dijadikan alat transportasi utama harian. 

"Sejak pandemi Covid-19 kondisi ekonomi ya seperti ini. Banyak pekerja yang memilih motor bebek karena dinilai menguntungkan jika hitung-hitungan soal perawatan dan biaya operasional," ucapnya. 

Meskipun demikian, Dwi menjelaskan, populasi unit terbilang relatif langka karena kalah saing dari skutik. 

"Ada stok, cuma paling 3 bulan sekali ready. Tapi, lakunya cepat, belum genap sebulan sudah terjual biasanya," kata dia. 

Sementara itu, pemilik showroom Najib Motor Karangawen mengatakan, meski motor bebek langka di pasaran, jika kebetulan stoknya tersedia bisa cepat laku terjual. 

"Jarang sekali tersedia, sering terimanya orderan mau motor bebek tipe apa dan jenis seperti apa yang diinginkan. Pokoknya asal barang bagus harga Rp 10 juta ke bawah angkut, prinsipnya seperti itu," ucap Najib. 

Berdasarkan pantauan di sejumlah bursa motor bekas daring, Senin (7/11/2022), berikut daftar harga motor bebek bekas di wilayah Semarang ; 

Honda Supra X Helm In 2012, Rp 6,5 juta 

Honda Supra X 125 2014, Rp 8,7 juta 

Jupiter Z 2010, Rp 5,5 juta

Jupiter MX 135 2013, Rp 6,5 juta 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/07/153100515/mulai-rp-5-jutaan-cek-harga-motor-bebek-bekas-di-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke