Kompas.com - 06/11/2022, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Efisiensi lagi-lagi mengambil dua unit bus baru dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Terakhir di bulan Oktober, satu unit bus dengan bodi Jetbus 3+ SHD diambil, kali ini ada dua bus yang keluar.

Bus pertama merupakan unit yang dipamerkan saat ajang Busworld awal Oktober lalu, memakai bodi Jetbus 3+ New MHD. Saat itu, bodi berkelir oranye ini tampil polos, tapi kali ini sudah dipasang livery yang bentuknya seperti landscape gedung tinggi.

Membahas soal New MHD, Adiputro memasang model bando atau sekat kaca depan yang lebih tipis. Hasilnya, pandangan penumpang bus ke arah depan jadi lega, tidak terlalu terhalang.

Baca juga: Sudah Tahu Kenapa Bus Sekolah Dicat Warna Kuning?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Sedangkan untuk sasis dari Jetbus MHD, memakai merek Hino model RK8 260. Model sasis tersebut sebenarnya memang masih Euro 2 dan belum dipasang dengan suspensi udara yang nyaman.

Beralih ke satu unit lainnya, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro menjelaskan, bodi dikelir dengan warna kuning seperti unit PO Efisiensi yang sebelumnya.

"Bodi memakai Jetbus SHD, sasis Hino RM 280, dan ada toilet di kabin," ucap Yohan kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: Suzuki Ucapkan Salam Perpisahan Dengan Para Penggemar MotoGP


Sasis Hino RM 280 merupakan model andalan dari Hino, sudah Euro 4 dan memakai suspensi udara. Selain itu, sasis RM 280 memakai space frame, sehingga bagian bagasi bisa lebih lega, bahkan tembus dari sisi kanan ke kiri.

Tampak bus PO Efisiensi yang berkelir kuning akan mengisi trayek Cilacap-Jepara dengan kelas layanan Gold Class. Pada kelas ini, bangku lebih sedikit sehingga ruang kaki semakin lega dan ada toilet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.