Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Bus Baru PO Efisiensi, Pakai Sasis RK dan RM Baru dari Hino

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Efisiensi lagi-lagi mengambil dua unit bus baru dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Terakhir di bulan Oktober, satu unit bus dengan bodi Jetbus 3+ SHD diambil, kali ini ada dua bus yang keluar.

Bus pertama merupakan unit yang dipamerkan saat ajang Busworld awal Oktober lalu, memakai bodi Jetbus 3+ New MHD. Saat itu, bodi berkelir oranye ini tampil polos, tapi kali ini sudah dipasang livery yang bentuknya seperti landscape gedung tinggi.

Membahas soal New MHD, Adiputro memasang model bando atau sekat kaca depan yang lebih tipis. Hasilnya, pandangan penumpang bus ke arah depan jadi lega, tidak terlalu terhalang.

Sedangkan untuk sasis dari Jetbus MHD, memakai merek Hino model RK8 260. Model sasis tersebut sebenarnya memang masih Euro 2 dan belum dipasang dengan suspensi udara yang nyaman.

Beralih ke satu unit lainnya, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro menjelaskan, bodi dikelir dengan warna kuning seperti unit PO Efisiensi yang sebelumnya.

"Bodi memakai Jetbus SHD, sasis Hino RM 280, dan ada toilet di kabin," ucap Yohan kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Sasis Hino RM 280 merupakan model andalan dari Hino, sudah Euro 4 dan memakai suspensi udara. Selain itu, sasis RM 280 memakai space frame, sehingga bagian bagasi bisa lebih lega, bahkan tembus dari sisi kanan ke kiri.

Tampak bus PO Efisiensi yang berkelir kuning akan mengisi trayek Cilacap-Jepara dengan kelas layanan Gold Class. Pada kelas ini, bangku lebih sedikit sehingga ruang kaki semakin lega dan ada toilet.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/06/084100315/2-bus-baru-po-efisiensi-pakai-sasis-rk-dan-rm-baru-dari-hino

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke