Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Gunung Harta, Pakai Bodi Jetbus SD-V 3++

Kompas.com - 04/11/2022, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro kembali mengeluarkan dua unit bus milik PO Gunung Harta. Tapi berbeda dengan yang tingkat, unit kali ini dikelir merah, bukan hijau.

Untuk dua unit yang rilis kali ini, memakai sasis Hino RM 280 ABS, jadi sudah memakai suspensi udara model wide. Oleh karena itu, sasis ini pas dipasang ke bodi bus dengan dimensi yang tinggi, seperti Jetbus 3+ SHD.

Tapi untuk bus yang kali ini rilis, PO Gunung Harta menamai bodinya dengan SD-V 3++. Hal ini serupa dengan yang terpasang pada bodi bus barunya PO SAN yang lebih dahulu keluar.

Baca juga: Bandung dan Surabaya Jadi Pilot Project Layanan BTS Bus Listrik

Kabin bus AKAP PO Gunung HartaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Gunung Harta

"SD-V 3++ itu singkatan dari Super High Deck Voyager, singkatan baru lagi. Jadi sama dengan yang PO SAN," ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Untuk bodinya, sebenarnya sama dengan Jetbus SHD pada umumnya, punya tinggi 3,85 meter dan panjang 12 meter. Selain itu, sasis Hino RM 280 ABS sangat cocok digunakan karena bagasinya yang bisa dibuat tembus.

Baca juga: Dari Main Golf, Cerita Awal Mula Kartel Harga Honda dan Yamaha


Jadi selain bodi bus yang tinggi, bagasi dari dua unit bus baru PO Gunung Harta ini juga lega. Tapi untuk bodi SD-V 3++ ini belum menggunakan bando model baru yang lebih tipis.

Beralih ke bagian kabin, bangku memakai model leg rest dan disusun 2-2. Tampak di bagian samping bangku sudah dilengkapi dengan arm rest, sehingga semakin nyaman.

"Ada dispenser di depan, sekat smoking, dan toilet," ucap Yohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com