Kompas.com - 05/11/2022, 13:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak diandalkan sebagai sarana mobilitas. Termasuk digunakan sebagai armad anak sekolah. 

Bus sekolah identik dengan warna kuning . Namun ini bukan hanya di Indonesia, karena kenyataannya bila diperhatikan hampir diseluruh dunia bus sekolah juga memiliki kelir kuning.

Hal ini ternyata bukan tanpa sebab, karena ada alasan di balik kenapa bus sekolah memiliki warna kuning.

Baca juga: Bandung dan Surabaya Jadi Pilot Project Layanan BTS Bus Listrik

“Bermula pada tahun 1939, seorang profesor dari Columbia University Teachers College bernama Frank Cyr yang menggelar sebuah konferensi bersama pengurus sekolah dan pakar transportasi. Pada pertemuan tersebut disetujui bahwa warna standar untuk bus sekolah yaitu kuning,” dikutip dari Twitter resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) @kemenhub151.

Melansir dari The New York Times, pada saat itu ada tiga juta anak-anak Amerika yang pergi ke sekolah harus menggunakan berbagai kendaraan yang dinilai tidak efisien.

Dari truk bahkan gerobak gandum yang ditarik dengan kuda. Pada era tersebut, produsen bus juga tidak berminat untuk membuat bus sekolah.

Baca juga: Karoseri New Armada Akan Punya Bus Selonjoran

kereta kuda 'omnibus' di LondonHenry Charles Moore kereta kuda 'omnibus' di London

Penyebabnya lantaran tidak ada standar nasional terkait hal itu, serta tidak ekonomis untuk memproduksi secara massal.

Setelah mempelajari situasi tersebut, Cyr memanggil pendidik dan administrator untuk bertemu dengan para insinyur otomotif di Teachers College.

Hasil dari pertemuan tersebut ada 44 standar nasional untuk membuat kendaraan khusus yang layak bagi para murid. Mulai dari pintu hingga dimensi bus sekolah dirancang mengikuti standar tersebut.

Kini seiring berjalannya waktu dan teknologi kian berkembang, sebagian besar spesifikasi bus sekolah telah berubah mengikuti zaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.