Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Mudah, Begini Cara Lepas Ban Cadangan Daihatsu Ayla

Kompas.com - 05/11/2022, 10:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Ban cadangan atau ban serep menjadi tambahan komponen yang wajib dimiliki setiap mobil, termasuk untuk segmen LCGC seperti Daihatsu Ayla.

Kondisi ban cadangan juga perlu diperhatikan, tujuannya agar siap digunakan ketika dalam kondisi darurat, seperti ban pecah atau bocor.

Tak kalah penting, pemilik Daihatsu Ayla juga wajib mengetahui cara menggunakan ban cadangan, khususnya proses melepas dan mengeluarkannya dari bagasi.

Baca juga: Begini Cara Melepas Ban Serep Daihatsu Terios Konde

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan, ban cadangan Daihatsu Ayla ada di bawah bagasi dalam, sehingga bisa dibongkar lewat atas.

Perawatan ban cadangan mobilDicky Aditya Wijaya Perawatan ban cadangan mobil

“Letak ban cadangan Daihatsu Ayla bisa dibilang cukup mudah digapai oleh pengendara, bahkan cara melepasnya pun sangat mudah, tidak membutuhkan alat khusus,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Menurut Fadhol, untuk melepas ban cadangan Ayla, hanya perlu membuka pintu bagasi dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal di bagasi.

Baca juga: Daftar Harga Daihatsu Ayla Bekas, Mulai Rp 74 Jutaan

“Buka saja pintu bagasi untuk mengetahui letak ban serepnya, pastikan tidak ada barang yang berada di bagasi karena ketika ingin melepas ban serep perlu mengangkat papan dasar atau lantai bagasi yang terbuat dari material ringan,” ucap Fadhol.

Dia mengatakan, lantai tersebut memang didesain khusus bisa dibongkar pasang dengan mudah, jadi tidak perlu melepas baut atau mur untuk melepasnya.

“Tinggal diangkat bagian belakang ke atas, setelah itu angkat saja, tidak berat, setelah itu akan terlihat ban cadangan,” ucap Fadhol.

Menurut Fadhol, ban cadangan tersebut diikat baut khusus, lebih tepatnya menggunakan baut ban cadangan.

Daihatsu Ayla BekasDicky Aditya Wijaya Daihatsu Ayla Bekas

“Putar baut ban cadangan dengan tangan berlawanan arah jarum jam untuk melepasnya, seharusnya ini cukup ringan karena baut ban cadangan didesain khusus untuk bisa dibuka dengan tangan,” ucap Fadhol.

Setelah pengikat ban cadangan terlepas, dengan mudah ban sudah bisa diangkat dengan tangan untuk dikeluarkan.

Baca juga: Biaya Servis Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Murah?

“Ban cadangan Ayla cukup ringan, tapi tetap perlu dipegang dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, biasakan mengangkat bagian belakang terlebih dulu untuk mempermudah proses pengeluaran ban,” ucap Fadhol.

Nah, sedangkan untuk proses pemasangan ban bermasalah ke tempat ban cadangan bisa dengan cara yang sama dengan urutan terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com