Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Pebalap Sebelum Suzuki Pamit dari MotoGP

Kompas.com - 03/11/2022, 17:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


VALENCIA, KOMPAS.com - Seri terakhir GP Valencia akan berlangsung di Spanyol, akhir pekan ini. Balapan akan jadi laga terakhir Suzuki Ecstar yang memutuskan hengkang dari MotoGP usai musim 2022.

Joan Mir, sang Juara Dunia MotoGP 2020 bersama motor GSX-RR mengatakan akan mencoba yang terbaik di final Valencia. Dia ingin mempersembahkan yang terbaik sebelum berpisah dengan Suzuki.

“Saya ingin menyatukan segalanya untuk babak final ini, untuk saya dan untuk skuad saya. Saya bisa cepat di sini, dan motor saya juga bisa, tapi kami hanya butuh sedikit keberuntungan untuk menyatukan semuanya," kata dia mengutip Crash.net, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Imbas Injektor Bermasalah, Bisa Bikin Busi Berusia Singkat

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Namun Mir yang sejak terjun ke MotoGP selalu bersama Suzuki mengatakan tidak ingin tampil penuh tekanan. Sebaliknya dia ingin balapan secara bebas, apalagi dia baru sembuh dari cedera arm pump.

“Saya memiliki beberapa masalah akhir-akhir ini yakni arm pump di Malaysia, dan masalah pengukur tekanan di Australia, dan yang saya inginkan sekarang adalah memiliki akhir pekan yang bebas masalah sehingga saya dapat mengakhiri bab ini dengan fantastis saya tim dan nikmati balapan terakhir,” kata dia.

Alex Rins yang bergabung dengan Suzuki sejak 2017 mengatakan sangat sedih jelang GP Valencia. Sama seperti Mir, pebalap yang musim depan pindah ke tim satelit Honda itu akan mengenang Suzuki dengan momen yang indah.

Baca juga: Peugeot 2008 SUV Compact yang Cocok buat Perempuan

Suzuki Spanish rider Joan Mir (C) sits in the box as team members prepare his motorbikes during the first practice session of the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on April 29, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Suzuki Spanish rider Joan Mir (C) sits in the box as team members prepare his motorbikes during the first practice session of the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on April 29, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

“Ini akan menjadi akhir pekan yang aneh dan menyedihkan, tapi saya bertekad untuk menjalaninya dengan baik,” kata Rins.

“Tim saya telah memberi saya segalanya selama bertahun-tahun, dan saya akan memberikan segalanya untuk membayar mereka kembali dengan hasil yang baik untuk terakhir kalinya," ujar dia.

“Sikap tim kami selalu mencoba dan tetap bahagia, jadi mari kita masuki Valencia dengan getaran yang baik dan mencoba menikmati setiap momen,” kata Rins.

Baca juga: AISI Sebut Pembelian Motor di IMOS 2022 Tanpa Inden

Livio Suppo resmi mejadi manager tim Suzuki Ecstar.Foto: Suzuki Ecstar Livio Suppo resmi mejadi manager tim Suzuki Ecstar.

Manajer tim Livio Suppo, yang baru direkrut ke dalam proyek pada awal 2022 untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Davide Brivio usai musim 2020 mengatakan GP Valencia akan jadi akhir pekan yang pilu.

“Kami menghadapi dansa terakhir di sini di Spanyol akhir pekan ini, dan pastinya ini akan menjadi akhir pekan yang tidak biasa bagi kami semua," kata Suppo.

Tetapi sejak pengumuman ini dibuat oleh Jepang, kami ingin tetap waspada, dan saya yakin seluruh tim telah sangat profesional sepanjang musim. Saya bangga akan hal ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com