Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Truk Listrik Tesla Semi Tertangkap Kamera, Akselerasi Mulus Hening

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla Semi, truk listrik asal Amerika Serikat segera dikirim ke konsumen, tepatnya awal Desember ke Pepsi. Oleh karena itu, saat ini sering terpantau Semi yang sedang diuji coba jalan.

Misalnya seperti yang diunggah akun Twitter Hinrchszen yang menampilkan video Tesla Semi sedang berakselerasi dengan kondisi membawa trailer. Video tersebut kabarnya diambil di dekat Gigafactory Tesla di Nevada.

Tampak Semi sedang mau masuk ke jalan utama di persimpangan. Ketika berakselerasi, Semi terlihat melaju dan hening alias tanpa suara. Memang, belum pasti berapa beban yang dibawa pada trailer tersebut.

Sebenarnya, Tesla pernah klaim kalau truk Semi bisa berakselerasi dari 0-96,5 kpj dalam 20 detik saat membawa beban penuh. Tapi kembali lagi, sebenarnya pada angkutan barang, yang penting adalah kemampuan membawa barang dan jarak tempuh, bukan akselerasi.

Dikutip dari Insideevs, Tesla Semi punya GVW 37.195 Kg termasuk dengan trailer. Kemudian untuk versi paling tinggi, akan punya jarak jelajah sampai 800 Km sambil membawa beban.

Untuk produksi Semi, sudah dimulai di Nevada dengan target produksi sebanyak 50.000 unit sampai 2024. Pengiriman perdana Tesla Semi akan dilakukan pada awal Desember dan Pepsi sebagai konsumen pertama.

Seiring dengan peluncuran Tesla Semi tentu ke depannya akan meningkatkan infrastruktur untuk truk listrik. Hal ini dikarenakan, charging station dengan daya 1 Mega Watt akan hadir untuk Tesla Semi.

Tesla sendiri mengklaim, Semi ketika dicas dengan daya sebesar 1 Mega Watt selama 30 menit, bisa menempuh 70 persen dari jarak tempuh truk listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/01/092200715/truk-listrik-tesla-semi-tertangkap-kamera-akselerasi-mulus-hening

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke