Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta Harga Mobil Bekas di Jakarta Termurah di Indonesia

Kompas.com - 27/10/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil bekas hingga saat ini menjadi pilihan sebagian orang untuk memiliki kendaraan pribadi. Harga yang lebih miring dari mobil baru membuat pasar mobil bekas tidak pernah sepi peminat.

Diler mobil bekas saat ini tersebar di seluruh daerah Indonesia dengan harga yang beragam. Bahkan, Jakarta digadang-gadang menjadi wilayah yang menawarkan pilihan mobil bekas dengan harga yang lebih murah dari daerah lainnya.

Maka dari itu banyak yang berburu mobil bekas di Jakarta untuk kemudian dijual lagi di daerah lain.

Baca juga: Mercedes Benz Trucks Rancang Kendaraan Listrik buat Sektor Konstruksi

Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 mengatakan ada banyak alasan yang mempengaruhi penentuan harga jual mobil bekas, terkait murah atau tidaknya mobil bekas di suatu daerah terkait ketersediaan barang(supply) dan permintaan pasar (demand).

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

“Ketika demand tinggi namun supply terbatas maka harga menjadi lebih tinggi dan sebaliknya jika demand kecil dibanding supply maka harga akan rendah,” kata Bayu kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Bayu menjelaskan jika permintaan mobil bekas di suatu daerah tinggi, namun supply terbatas maka pembeli atau pedagang mencoba mencari di daerah yang banyak supply. Hal tersebut untuk mencari mobil bekas dengan harga yang lebih murah baik.

Baca juga: Stellantis Optimistis Krisis Cip Semikonduktor Berakhir di 2023

“Dan selain itu yang menyebabkan harga di suatu daerah lebih tinggi di daerah lain karena adanya tambahan biaya logistik atau transport,” kata Bayu.

Jakarta sendiri memiliki akses yang lebih dekat dengan basis produksi dan manajemen penjualan otomotif. Hal tersebut mempengaruhi harga OTR mobil baru di Ibu Kota lebih murah.

Sementara itu itu harga mobil baru di daerah luar Jakarta selalu ada tambahan biaya pengiriman. Maka dari itu, OTR mobil baru Jakarta yang lebih rendah membuat harga mobil bekas juga terpengaruh.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.