Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta Harga Mobil Bekas di Jakarta Termurah di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil bekas hingga saat ini menjadi pilihan sebagian orang untuk memiliki kendaraan pribadi. Harga yang lebih miring dari mobil baru membuat pasar mobil bekas tidak pernah sepi peminat.

Diler mobil bekas saat ini tersebar di seluruh daerah Indonesia dengan harga yang beragam. Bahkan, Jakarta digadang-gadang menjadi wilayah yang menawarkan pilihan mobil bekas dengan harga yang lebih murah dari daerah lainnya.

Maka dari itu banyak yang berburu mobil bekas di Jakarta untuk kemudian dijual lagi di daerah lain.

Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 mengatakan ada banyak alasan yang mempengaruhi penentuan harga jual mobil bekas, terkait murah atau tidaknya mobil bekas di suatu daerah terkait ketersediaan barang(supply) dan permintaan pasar (demand).

“Ketika demand tinggi namun supply terbatas maka harga menjadi lebih tinggi dan sebaliknya jika demand kecil dibanding supply maka harga akan rendah,” kata Bayu kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Bayu menjelaskan jika permintaan mobil bekas di suatu daerah tinggi, namun supply terbatas maka pembeli atau pedagang mencoba mencari di daerah yang banyak supply. Hal tersebut untuk mencari mobil bekas dengan harga yang lebih murah baik.

“Dan selain itu yang menyebabkan harga di suatu daerah lebih tinggi di daerah lain karena adanya tambahan biaya logistik atau transport,” kata Bayu.

Jakarta sendiri memiliki akses yang lebih dekat dengan basis produksi dan manajemen penjualan otomotif. Hal tersebut mempengaruhi harga OTR mobil baru di Ibu Kota lebih murah.

Sementara itu itu harga mobil baru di daerah luar Jakarta selalu ada tambahan biaya pengiriman. Maka dari itu, OTR mobil baru Jakarta yang lebih rendah membuat harga mobil bekas juga terpengaruh.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/27/084200115/mitos-atau-fakta-harga-mobil-bekas-di-jakarta-termurah-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke