Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Borlindo, Pakai Bodi Ganteng Skylander R22

Kompas.com - 20/10/2022, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada baru saja mengeluarkan dua bus baru milik PO Borlindo. Keduanya memakai sasis Scania K410iB tronton dan dipasang bodi Skylander R22 terbaru.

Untuk unit Skylander R22 terbaru, ubahannya bisa dilihat pada bagian depan, samping, sampai belakang. Di depan, desain bumper dan lampu baru, dibuat lebih agresif, bisa dilihat dari adanya hiasan seperti ventilasi di bawah lampu depan.

Khusus untuk bus Borlindo, dipasang tameng di bagian kaca atas saja. Fungsinya adalah untuk menangkis ranting-ranting pohon ketika bus berjalan, mengingat bodi Skylander R22 cukup tinggi.

Baca juga: PO Efisiensi Tambah Bus Baru, Kini Pakai Bodi SHD dan Sasis Hino

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@newarmada.official)

 

Gerry Adrian, Sales Excutive New Armada Jatibaru mengatakan, untuk unit Borlindo, tidak dipasang opsi seperti spion kamera, videotron, dan LED running text di bagian kabin.

Beralih ke samping, ornamen atau selendang di Skylander R22 juga baru, desainnya lebih tipis dibanding sebelumnya. Selain itu, seperti bus Borlindo lainnya, dipasang jendela yang bisa dibuka di kaca paling depan dan belakang.

Pada bagian belakang, ada pintu kap mesin model baru yang bergaya 3 dimensi. Kemudian di atas kap mesin, tidak dipasang opsi videotron seperti unit Skylander R22 saat diperkenalkan.

Baca juga: Tanda-tanda Transmisi Matik pada Mobil Mulai Bermasalah


Masuk ke bagian kabin, fitur yang disematkan cukup standar tapi mengutamakan kenyamanan penumpang. Misal, bangku yang dipilih super lebar dengan adanya leg rest dan foot rest dan disusun 2-1.

Selain itu, pada bagian kabin juga tidak dipasang toilet, seperti bus-bus yang beroperasi di Sulawesi. Memang, untuk pasar bus di sana kurang suka jika ada toilet dipasang di kabin, mencegah adanya bau kurang sedap selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com