Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Dirasakan Pengemudi Saat Ban Mobil Kempis di Jalan

Kompas.com - 22/10/2022, 10:41 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang melaju dengan ban kempis akan mengalami banyak kerugian. Mulai konsumsi bahan bakar yang boros, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Maka dari itu, perlu memastikan kondisi tekanan angin ban sebelum Anda bepergian agar perjalanan menjadi aman dan lancar.

Namun, ban bisa saja kempis secara tiba-tiba, termasuk ketika dalam perjalanan. Maka dari itu, pengendara perlu mengetahui seperti apa tanda atau yang dirasakan pengemudi ketika ban mobil kempis.

Baca juga: Hindari Modus Ban Kempis, Begini Ciri-ciri Ban Mobil Kalau Kempis

Ban mobil bisa kempis tiba-tiba, bahkan saat perjalananKompas.com/Erwin Setiawan Ban mobil bisa kempis tiba-tiba, bahkan saat perjalanan

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Yanto, mengatakan mungkin bagi sebagian orang susah untuk bisa merasakan ban kempis ketika sedang mengemudi, tapi sebenarnya bisa saja dirasakan tanpa harus berhenti.

“Untuk memastikan tekanan angin ban ya alangkah baiknya berhenti untuk memeriksa secara langsung, tapi kondisi jalan biasanya memaksa pengemudi untuk tetap lanjut, maka dari itu sebaiknya mengerti apa yang dirasakan ketika ban mobil kempis.” ucap Yanto kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Dia mengatakan ada perbedaan bantingan kendaraan ketika ban mobil kempis.

“Jadi, ketika mobil mengenai jalan berlubang atau melewati polisi tidur dengan kecepatan pelan, bantingan terasa membal, itu karakter ban yang kekurangan angin,” ucap Yanto.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Prosedur Aman Ganti Ban Kempis di Jalan Tol

Ilustrasi ban mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi ban mobil

Dia juga mengatakan sebaliknya, bila mobil melewati jalan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan yang cukup kencang, maka bantingan mobil menjadi keras.

“Suara yang terdengar akan keras ketika mobil menerjang jalan tidak rata dengan kondisi ban kempis, karena peleknya berbenturan dengan permukaan jalan,” ucap Yanto.

Bahkan bila kempisnya ban ini terlalu parah, Yanto mengatakan tidak perlu menunggu mobil melewati jalan tidak rata, saat mobil melaju pun akan terasa.

Baca juga: Ciri Ban Kempis Saat Berkendara, Setiir Mobil Terasa Berat

Ban mobil bocor Dicky Aditya Wijaya Ban mobil bocor

“Saat mobil melaju dengan ban kempis yang anginnya sampai habis, maka saat akselerasi terasa lebih berat dan kendaraan seperti limbung ke kanan dan ke kiri, atau bisa saja naik turun,” ucap Yanto.

Dia mengatakan, untuk mobil-mobil premium untungnya sudah dilengkapi dengan indikator tekanan angin ban, jadi tekanannya bisa terdeteksi di layar informasi di dashboard.

Jadi, ban mobil yang kempis bisa dirasakan oleh pengemudi ketika mobil berjalan yaitu dengan memperhatikan bantingan mobil ketika melewati jalan tidak rata atau saat akselerasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com