Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Mika Lampu Mobil Tidak Mudah Kusam

Kompas.com - 21/10/2022, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Seiring pemakaian mobil, biasanya mulai terlihat mika lampu menguning atau kusam. Hal itu tentu saja membuat tampilan kendaraan terkesan tua.

Ternyata hal tersebut lumrah terjadi, sebab mika lampu bila terkena sinar lampu akan mengalami panas, dan hal itu bisa membuat mika kusam.

Lantas bagaimana caranya agar mika lampu tidak mudah kusam?

Baca juga: Jangan Langsung Diganti, Mika Lampu yang Retak Rambut Bisa Diperbaiki

Mika lampu mobil perlu dirawat biar awetKompas.com/Erwin Setiawan Mika lampu mobil perlu dirawat biar awet

Pemilik Zabadi Body Repair Fairu, mengatakan mika lampu memang akan mengalami kusam seiring pemakaian, hal itu tidak bisa dihindari.

“Mika lampu pasti lama-lama akan kusam, karena terkena panas baik dari sinar lampu atau sinar matahari, jadi itu tidak bisa dihindari,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Dia mengatakan meski tidak bisa dihindari, tapi dengan berusaha memperlakukan mobil dengan tepat bisa membuat mika lampu lebih berusia panjang.

Baca juga: Ini Penyebab Mika Lampu Utama Mobil Menguning

Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1Otomania/Setyo Adi Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1

“Sebisa mungkin hindari parkir di bawah terik matahari, itu sangat berpengaruh, bila mobil sering parkir di bawah matahari mika lampu akan lebih cepat kusam,” ucap Fairu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Yanto Mekanik Aha Motor. Dia mengatakan yang bisa dilakukan pemilik mobil hanya mengulur waktu agar mika lampu mobil tidak mudah kusam.

“Bisanya ya menunda, kalau kusam pasti akan terjadi pada mika lampu mobil yang lama dipakai, karena sinar lampu akan menghasilkan panas yang lama-lama akan membuat kusam mika,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Baca juga: Sangat Mudah, Begini Cara Membuat Mika Lampu Mobil Kinclong Lagi

Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraanSACS Speedglow Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan

Dia mengatakan untuk memperpanjang usia mika lampu, pemilik mobil bisa memasang skotlet bening di mika lampu.

“Bisa dipasang skotlet bening pada mika lampu agar tidak mudah kusam, itu cukup membantu sih,” ucap Yanto.

Selain itu dia juga menyarankan untuk tidak memarkir mobil di bawah terik matahari untuk menghindari panas.

Baca juga: 4 Penyebab Mika Lampu Mobil Kusam dan Menguning

Jadi, tips agar mika lampu tidak mudah kusam bisa dengan menghindari sinar matahari dan memasang skotlet bening sebagai penangkal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com