Apa Jadinya jika Mobil Tanpa Filter AC?

Kompas.com - 10/06/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Filter Ac atau biasa disebut filter kabin ini sering terabaikan karena letaknya di bawah dashboard. Apalagi, ini merupakan teknologi baru yang diaplikasikan pada mobil di atas tahun 90-an, sehingga beberapa masyarakat merasa akan baik-baik saja tanpa adanya komponen ini.

Namun tidak seperti itu konsepnya, justru filter AC ini diciptakan untuk menyempurnakan teknologi yang sudah ada. Nyatanya, saringan AC hanya menjadi pelengkap di sistem pendingin kabin mobil, yaitu mendampingi evaporator sebagai penyaring kotoran.

Meski hanya sebagai pelengkap ternyata filter AC memiliki kegunaan yang cukup penting. Mulai dari menjaga komponen sistem AC menjadi lebih awet serta menjaga kesehatan pengendara dengan menyaring debu dan kotoran.

Baca juga: Jangan Tunda, Tanda Filter AC Mobil Harus Segera Ganti

Filter kabin Bosch Aeristo PremiumDOK. BOSCH Filter kabin Bosch Aeristo Premium

Arditya Wicaktama, Chanel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan udara yang bersirkulasi tanpa penyaringan yang bagus dapat memicu gangguan kesehatan.

Filter kabin yang kotor sudah tidak lagi mampu menyaring udara dengan optimal. Apabila dibiarkan, kualitas udara yang tersirkulasi dalam kendaraan justru bisa menimbulkan bau tidak sedap dan memicu gangguan kesehatan,” ujar Arditya beberapa waktu lalu di acara Bosch Bengkel Talks 2.

Sementara itu, Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong menjelaskan, kotoran dan debu bisa menempel pada evaporator sehingga bisa menimbulkan lendir yang memicu terjadinya korosi bila lama dibiarkan.

Baca juga: Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Filter AC Mobil

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

“Kebocoran pada evaporator bisa disebabkan lantaran pemilik mobil jarang melakukan perawatan AC sehingga membuat banyak debu dan kotoran yang menempel pada evaporator. Lama kelamaan kotor tersebut bisa menimbulkan lendir dan bila didiamkan akan mengakibatkan korosi,” ucap Kelvin kepada Kompas.com

Mobil tanpa filter AC sudah pasti tetap bisa jalan seperti tidak terjadi masalah, hanya saja lama kelamaan bisa mengakibatkan rusaknya komponen AC karena debu dan kotoran yang menumpuk di Evaporator secara langsung.

Kerusakan tersebut ditandai dengan berkurangnya kemampuan AC mobil dalam mendinginkan suhu di dalam kabin.

Hal itu juga berdampak pada terpicunya gangguan kesehatan bagi pengendara karena udara yang bersirkulasi di dalam kabin mengandung banyak debu dan kotoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.