Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ampuh Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Sudah Kusam

Kompas.com - 21/10/2022, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Lampu utama pada mobil yang berusia 10 tahun ke atas warnanya akan berubah. Biasanya, tidak lagi bening melainkan menguning atau terlihat menjadi kusam.

Rupanya, sudah menjadi hukum alam bahwa mika lampu mobil lama kelamaan akan berubah warnanya.

Hal tersebut, lantaran sinar lampu menghasilkan panas yang bisa membuat mika kusam. Selain itu kebiasaan parkir di bawah terik matahari akan mempercepat lampu mobil kusam.

Baca juga: Mika Lampu Mobil Berembun, Normal atau Ada Kerusakan?

mika lampu kusam bagian atasnya, tanda terkena sinar matahari terlalu lama.Kompas.com/Erwin Setiawan mika lampu kusam bagian atasnya, tanda terkena sinar matahari terlalu lama.

Pemilik Zabadi Body Repair Fairu, mengatakan kusam pada mika lampu tidak bisa dihindari, tapi kusam tersebut masih bisa dihilangkan.

“Untuk membuat mika lampu tidak akan mengalami kusam itu mustahil, karena mika lampu lama-lama ya akan kusam, entah karena panas sinar matahari atau dari lampu itu sendiri,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Dia mengatakan meski tidak bisa dihindari, kusam pada mika lampu masih bisa dihilangkan dengan dipoles.

Baca juga: Jangan Langsung Diganti, Mika Lampu yang Retak Rambut Bisa Diperbaiki

Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraanSACS Speedglow Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan

Mika lampu bisa dihilangkan dengan mudah melalui beberapa tahapan, mulai dari pengamplasan halus, hingga pemolesan dengan obat poles,” ucap Fairu.

Dia mengatakan selain itu, bisa juga cara menambahkan cat khusus untuk mika lampu agar kejernihannya meningkat.

“Mika lampu yang sudah dipoles kering, bisa juga ditambahkan pelapis clear biar kejernihannya meningkat, itu cukup efektif menangani mika lampu yang kusam,” ucap Fairu.

Baca juga: Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam Pakai Pasta Gigi

Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1Otomania/Setyo Adi Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1

Jadi, tahapan mengembalikan mika lampu yang sudah kusam bisa dimulai dengan mengamplas tipis mika lampu, setelah itu dipoles, lalu dilapisi clear untuk memperkuat kejernihan mika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com