Jangan Tunda, Tanda Filter AC Mobil Harus Segera Ganti

Kompas.com - 18/04/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— AC di mobil menjadi komponen penting yang disematkan oleh pabrikan kendaraan. Pendingin ruangan ini akan menjaga sirkulasi udara dan suhu di kabin mobil.

Saat berkendara dengan menyalakan AC, kabin mobil tetap terjaga segar dan sejuk. Suhu yang sejuk dan udara segar akan membuat pengemudi dan penumpang di dalam mobil akan nyaman saat berkendara.

Baca juga: China Gandeng Indonesia Bikin Industri Baterai Kendaraan Listrik

Oleh karena itu, kondisi AC di mobil harus selalu dalam keadaan optimal. Mengganti filter AC menjadi salah satu cara untuk merawat AC mobil.

Lalu kapan saja waktu yang tepat untuk mengganti kapan filter AC mobil ?

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan jika waktu yang tepat adalah saat filter AC mobil telah berubah warna.

“Cirinya filter AC mobil itu rata-rata berwarna putih. Kalau sudah kotor pastinya warnanya menjadi gelap,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Filter kabin Bosch Aeristo PremiumDOK. BOSCH Filter kabin Bosch Aeristo Premium

Filter AC atau filter kabin pada AC berfungsi menyaring kotoran di kabin mobil. Jika saluran AC kotor maka hembusan AC akan berkurang karena kotoran tersebut tersangkut pada filter.

Maka dari itu, jika filter AC kotor akan membuat AC menjadi kurang dingin. Jika filter telah berubah warna menjadi lebih gelap atau kehitaman, itu tanda jika harus dilakukan pergantian.

Baca juga: Bahas Desain dan Tongkrongan Honda Civic RS

Menurut Didi, jika filter AC tidak terlalu kotor bisa dibersihkan hanya dengan ditiup.

“Dibersihkan dengan ditiup angin, namun kalau sudah kotor sekali sebaiknya filter AC di ganti. Dan jangan pernah mencucinya,” ujar Didi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.