Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku yang terbatas, yaitu 5 tahun. Sebelum habis masa berlakunya, pemilik SIM harus segera melakukan perpanjangan.

Sebelumnya, masa berlaku SIM didasarkan pada tanggal lahir pemilik. Namun perlu diingat, aturan tersebut sudah tidak berlaku. Hal ini diatur dalam surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019.

Baca juga: Ada Perbaikan, Layanan SIM Keliling di Jakarta Dialihkan ke Satpas

SIM sendiri dibagi lagi menjadi beberapa kategori. SIM yang berlaku di Indonesia, di antaranya adalah SIM A, SIM B, SIM C, SIM D, dan SIM internasional.

SIM A berlaku untuk pemilik yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat maksimal 3.500 kilogram, untuk mobil perserorangan dan mobil barang perseorangan.

Sementara itu, SIM BI untuk ranmor dengan berat lebih dari 3.500 kilogram berupa mobil bus perseorangan dan mobil barang perseorangan.

SIM BII digunakan untuk mengemudikan ranmor berupa kendaraan alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menraik kereta tempelan atau gandegan perseorangan, dengan berat untuk kereta tempelan lebih dari 1.000 kilogram.

Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran- Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran

SIM C berlaku untuk mengemudikan kendaraan roda dua, termasuk SIM CI dan SIM CII yang dibagi berdasarkan kapasitas silinder. Sedangkan SIM D berlaku untuk pengemudi ranmor penyandang disabilitas.

SIM internasional merupakan jenis SIM yang bisa digunakan di sejumlah negara tertentu di luar Indonesia.

Baca juga: Saldo E-toll Habis di Gerbang Tol, Apa yang Harus Dilakukan?

Biaya perpanjangan SIM diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Mengacu kepada aturan tersebut, berikut ini adalah biaya perpanjangan SIM:

1. SIM A: Rp 80.000
2. SIM B I: Rp 80.000
3. SIM B II: Rp 80.000
4. SIM C: Rp 75.000
5. SIM C I: Rp 75.000
6. SIM C II: Rp 75.000
7. SIM D: Rp 30.000
8. SIM D I: Rp 30.000
9. SIM Internasional: Rp 225.000

Syarat yang harus disiapkan, di antaranya adalah KTP asli dan fotokopinya, SIM asli, bukti lulus tes kesehatan dan hasil tes psikologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.