Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Airbag Itu Membantu Efektivitas Sabuk Pengaman di Mobil

Kompas.com - 17/10/2022, 10:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada setiap mobil terdapat beberapa komponen yang disematkan bukan hanya sebagai aksesoris semata, namun juga menunjang keselamatan berkendara.

Sabuk pengaman, seatbelt atau safety belt, serta airbag merupakan beberapa komponen yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna kendaraan roda empat. Namun, masih banyak yang kerap abai terhadap dua fitur keselamatan mobil tersebut.

Baca juga: Sosialisasi dan Edukasi, Faktor Penting Tingkatkan Kendaraan Listrik

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, jika sabuk pengaman dan airbag memiliki peran yang penting dan saling berkaitan satu sama lain.

“Sangat penting. Safety belt melawan gaya inersia saat terjadi tabrakan dan airbag mampu mencegah kepala terbentur ke kemudi. Perlu diingat airbag dan safety belt harus bekerja bersama-sama. Jangan pernah tidak menggunakan safety belt di mobil yang ada airbag,” kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Ilustrasi sabuk pengaman pesawatShutterstock/MIA Studio Ilustrasi sabuk pengaman pesawat

Marcell menjelaskan bagi yang mengendarai mobil tanpa menggunakan safety belt sangat berbahaya. Apabila pengendara alami tabrakan, maka akan alami risiko yang fatal.

Pada saat tabrakan terjadi, tubuh dapat terlempar dan mengenai dasbor atau bahkan terlempar keluar kendaraan.

Baca juga: Komunitas Motor Touring ke Desa Wisata Ramah Berkendara

Sementara itu, airbag sendiri membantu fungsi safety belt untuk meminimalisir efek cedera pada tubuh. Maka dari itu, agar kinerja airbag lebih optimal pengendara harus tetap menggunakan safety belt.

“ Kalau tabrakan di mobil yang ada airbagnya dan tidak menggunakan safety belt maka akan lebih berbahaya dan lebih parah mencederai tubuh,” kata Marcell.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com