Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) telah merilis angka realisasi penjualan motor domestik pada September 2022. Tercatat, pada September 2022  penjualan motor meraih 514.460 unit.

Artinya, sepanjang September lalu penjualan motor terkoreksi 2 persen month to month (mtm), dibanding dengan Agustus yang mendapat 524.821 unit.

Sementara itu, apabila dibandingkan dengan September 2021, penjualan unit sepeda motor domestik mengalami peningkatan 10,7 persen, dengan penjualan 464.614 unit.

Baca juga: Berlaku Tahun Depan, Ini Kelebihan BPKB Dipasangi Cip

Yamaha mengajak media bersama komunitas dan konsumen Yamaha Gear 125 untuk mengikuti acaraFoto: Yamaha Yamaha mengajak media bersama komunitas dan konsumen Yamaha Gear 125 untuk mengikuti acara

Meski begitu, AISI memprediksi pasar roda dua domestik tahun ini bakal meningkat sekitar 2 sampai 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk 2022, hingga September kemarin, penjualannya berada di angka 3,6 juta,” ujar Ketua Umum AISI Johannes Loman di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

“Sementara target kita sepanjang tahun ini 5,1 juta sampai 5,4 juta unit. Mudah-mudahan itu bisa tercapai," kata Loman.

Baca juga: Pengelola Tol Harus Cegah Truk Underspeed, Menghindari Tabrak Belakang

Adapun bila melihat komposisinya, motor skutik masih mendominasi penjualan pada semester September 2022 sebanyak 87,62 persen, atau meningkat sedikit dari Agustus 2022 sebesar 87,58 persen.

Sedangkan motor bebek atau underbone berkontribusi sebesar 6,70 persen, atau naik dari bulan sebelumnya sebanyak 6,30 persen. Dan motor sport sekitar 5,68 persen, turun dari sebelumnya 6,12 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.