Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Recall Kia Carens di Indonesia Masih Tunggu Kabar Prinsipal

Kompas.com - 13/10/2022, 07:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Kia Carens sudah resmi dijual di Indonesia sejak GIIAS 2022. Tersedia dua pilihan mesin dan keduanya saat ini masih berstatus impor utuh dari India alias CBU.

Belum lama ini ada informasi kalau Kia melakukan recall terhadap Carens di India. Dikutip dari Livemint, setidaknya 44.174 unit Carens yang harus ditarik kembali di pasar India karena ada masalah pada airbag control unit (ACU), piranti lunak alias software sistem keamanan.

Mengingat Carens yang ada di Indonesia didatangkan secara utuh dari India dan sudah ada yang sampai ke konsumen, lantas apakah harus di-recall juga?

Baca juga: Apa Perbedaan Dua Varian Kia Carens yang Ada di Indonesia?

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha mengatakan, untuk Carens yang diekspor ke Indonesia, pihak KIA masih belum mendapatkan informasi.

"Kita belum ada informasi. Harus ada informasi dari prinsipal dulu baru kita bisa ngapa-ngapain (recall)," ucap Ario di Tangerang, Rabu (12/10/2022).

Lalu, menurut Ario jika sudah ada recall di India, seharusnya tidak ada masalah pada Carens yang baru akan dikirim ke Indonesia. Sayangnya, semenjak dua bulan diperkenalkan, ada masalah mengenai suplai ke Indonesia.

Baca juga: Pengelola Tol Harus Cegah Truk Underspeed, Menghindari Tabrak Belakang


"Kita memang masih tersendat suplai, belum dapat banyak karena di India juga inden sampai enam bulan. Harapannya yang ke sini sudah enggak ada recall lagi," kata Ario.

Kia Carens di Indonesia sebenarnya ditujukan mengisi pasar MPV. Dibekali dengan berbagai fitur, Carens dijual dengan harga dari Rp 389 juta sampai Rp 449 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.