Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Recall Kia Carens di Indonesia Masih Tunggu Kabar Prinsipal

Kompas.com - 13/10/2022, 07:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kia Carens sudah resmi dijual di Indonesia sejak GIIAS 2022. Tersedia dua pilihan mesin dan keduanya saat ini masih berstatus impor utuh dari India alias CBU.

Belum lama ini ada informasi kalau Kia melakukan recall terhadap Carens di India. Dikutip dari Livemint, setidaknya 44.174 unit Carens yang harus ditarik kembali di pasar India karena ada masalah pada airbag control unit (ACU), piranti lunak alias software sistem keamanan.

Mengingat Carens yang ada di Indonesia didatangkan secara utuh dari India dan sudah ada yang sampai ke konsumen, lantas apakah harus di-recall juga?

Baca juga: Apa Perbedaan Dua Varian Kia Carens yang Ada di Indonesia?

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha mengatakan, untuk Carens yang diekspor ke Indonesia, pihak KIA masih belum mendapatkan informasi.

"Kita belum ada informasi. Harus ada informasi dari prinsipal dulu baru kita bisa ngapa-ngapain (recall)," ucap Ario di Tangerang, Rabu (12/10/2022).

Lalu, menurut Ario jika sudah ada recall di India, seharusnya tidak ada masalah pada Carens yang baru akan dikirim ke Indonesia. Sayangnya, semenjak dua bulan diperkenalkan, ada masalah mengenai suplai ke Indonesia.

Baca juga: Pengelola Tol Harus Cegah Truk Underspeed, Menghindari Tabrak Belakang


"Kita memang masih tersendat suplai, belum dapat banyak karena di India juga inden sampai enam bulan. Harapannya yang ke sini sudah enggak ada recall lagi," kata Ario.

Kia Carens di Indonesia sebenarnya ditujukan mengisi pasar MPV. Dibekali dengan berbagai fitur, Carens dijual dengan harga dari Rp 389 juta sampai Rp 449 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com