Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benar atau Tidak, Motor Sport Lebih Aman Lewati Genangan Air?

Kompas.com - 11/10/2022, 17:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyaknya genangan air membuat pengendara sepeda motor harus berhati-hati saat akan bermobilisasi.

Termasuk pengguna motor sport, meski memiliki ground clearance yang lebih tinggi, bukan berarti busa seenaknya menerabas genangan air.

Pasalnya, dengan desain mesin yang terbuka justru bisa lebih berbahaya jika asal dan melewatinya tanpa teknik perhitungan yang benar. 

Lantas apa sajakah yang harus diperhatikan? 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, kunci melewati genangan banjir yang cukup tinggi bukaan gas harus dijaga.

Baca juga: Sering Lewati Genangan Air, Oli Gardan Skutik Harus Rajin Diganti 

"Putaran mesin yang terlalu tinggi intake udara jadi gampang menghisap air. Supaya aman, tahan putaran mesin pada torsi maksimum. Biasanya 2.500 - 3.000 rpm dan wajib posisi gigi 1," ucap Nurhadi kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022). 

Selain mewaspadai water hammer, risiko kopling terkontaminasi air berpeluang mengancam jika tak memprediksi ketinggian air sebelumnya. 

Kebanyakan motor sport mengandalkan tipe kopling basah, pelumasan semuanya satu paket dengan mesin. 

Oli yang kemasukan air bisa terkontaminasi dan cukup memberikan dampak kerugian yang cukup besar. 

Baca juga: Pemotor Wajib Waspada, Ada Bahaya Tersembunyi saat Lewati Genangan Air  

Ilustrasi penggantian oli motorm.louis.eu Ilustrasi penggantian oli motor

"Asumsi pengendara beranggapan intake udara yang tinggi aman tapi itu tidak benar. Asal terabas risikonya berlipat, justru kerusakan komponen bisa menjalar," kata dia. 

Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Mranggen Herta Arcadia menjelaskan, ground clearance tinggi tak menjamin motor sport selamat, air bisa masuk lewat baut tap oli dan menyusup sampai terbawa ke ruang bakar. 

"Baut tap oli biasanya jika motor berumur 5 tahun ke atas sudah tidak rapat. Jika genangan air tinggi dan merendam blok mesin risikonya oli bisa tercemar air. Oli mesin kualitasnya turun dan berdampak buruk bagi komponen mesin. Model kopling motor sport kebanyakan tipe kopling basah, bisa ikutan slip," kata Herta. 

Baca juga: Mitos Nabrak Kucing Bikin Sial, Bagaimana Menyikapinya?

Kondisi jalan R Soekamto Palembang tergenang banjir setelah diguyur hujan selama satu malam. Akibatnya, banyak kendaraan yang mogok akibat terendam air, Kamis (6/10/2022).KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA Kondisi jalan R Soekamto Palembang tergenang banjir setelah diguyur hujan selama satu malam. Akibatnya, banyak kendaraan yang mogok akibat terendam air, Kamis (6/10/2022).

Lantaran itu, Herta menyarankan, supaya pemilik rutin melakukan cek berkala kondisi pelumas. Baik kualitas maupun kebocoran oli terutama pada titik-titik rawan seperti baut tap dan sambungan mesin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.