Kompas.com - 06/10/2022, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memeriksa ketersediaan oli pada mobil secara rutin merupakan salah satu bentuk perawatan kendaraan roda empat paling sederhana.

Salah satu cara untuk mengetahui ketersediaan oli pada mobil sudah ideal atau belum yakni menggunakan dipstick. Dipstick hanya perlu dicelupkan pada tabung oli untuk mengetahui ketersediaan pelumas.

Baca juga: Desain Jadi Pertimbangan Orang Beralih ke Motor Listrik

Cara ini digadang-gadang juga bisa menganalisa kondisi oli mobil dari sampel yang diambil di ujung dipstick.

Jika oli yang menempel di dipstick berwarna hitam maka harus segera diganti karena kualitas oli tersebut dianggap sudah tidak baik.


Oli baru biasanya berwarna kuning bening (terang) seiring penggunaannya akan berwarna lebih gelap karena sudah terkontaminasi dengan karbon hasil pembakaran di mesin,” Kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Dipstick oli pada mesin mobil(KOMPAS.COM/STANLY RAVEL) Dipstick oli pada mesin mobil

Artinya, kendati oli menunjukkan telah berwarna hitam, maka bukan berarti dipstick akurat untuk memeriksa kualitas oli.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperjelas, jika oli yang menempel dipstick berwarna hitam hanya sebagai tanda dasar saja.

Baca juga: Desain Jadi Pertimbangan Orang Beralih ke Motor Listrik

Artinya jika oli terlihat sudah keruh atau berwarna hitam, memang tidak ada salahnya harus diganti untuk menjaga kesehatan mobil.

“Ini bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman (expert), dipstick hanya sebagai indikator awal, untuk detail kualitas harus di cek lebih lanjut.” Kata Bambang kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.