Kompas.com - 06/10/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban yang terpasang pada setiap mobil biasanya punya ukuran yang berbeda. Mengenai ukuran ini, sebenarnya ditulis pada bagian dinding ban, jadi bisa dilihat oleh pemiliknya.

Biasanya, ukuran ban ditulis dalam susunan angka. Sebut saja model ban untuk Toyota Innova Reborn adalah 205/65 R16 95H, memang banyak angka dan huruf, tapi bagaimana cara membacanya?

Zulpata Zainla, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, dari contoh tersebut, tiga angka pertama menjelaskan lebar ban.

Baca juga: Cek Harga Ban Motor pada Oktober 2022

Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

"Artinya lebar penampang ban 205 mm. Kemudian untuk 65, maksudnya adalah tinggi dinding samping ban 65 persen dari lebar penampang (205 mm)," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Zulpata juga menjelaskan, angka 65 di kode ban tersebut juga biasa disebut dengan aspec ratio. Selanjutnya ada huruf R yang maksudnya adalah konstruksi ban yang menggunakan model Radial.

"16 adalah diameter pelek atau rim yaitu 16 inci," ucap Zulpata.

Baca juga: Kendaraan Listrik Diusulkan Dapat Keringanan Tol dan Parkir


Kemudian ada lagi angka 95 yang maksudnya adalah load index. Load index adalah kemampuan memikul beban per ban, angka 95 sama dengan 690 Kg.

"Terakhir, H adalah index kecepatan. Untuk H bisa sampai 210 kpj," kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.