Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membaca Ukuran Ban Mobil, Jangan Sampai Salah

Kompas.com - 06/10/2022, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban yang terpasang pada setiap mobil biasanya punya ukuran yang berbeda. Mengenai ukuran ini, sebenarnya ditulis pada bagian dinding ban, jadi bisa dilihat oleh pemiliknya.

Biasanya, ukuran ban ditulis dalam susunan angka. Sebut saja model ban untuk Toyota Innova Reborn adalah 205/65 R16 95H, memang banyak angka dan huruf, tapi bagaimana cara membacanya?

Zulpata Zainla, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, dari contoh tersebut, tiga angka pertama menjelaskan lebar ban.

Baca juga: Cek Harga Ban Motor pada Oktober 2022

Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

"Artinya lebar penampang ban 205 mm. Kemudian untuk 65, maksudnya adalah tinggi dinding samping ban 65 persen dari lebar penampang (205 mm)," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Zulpata juga menjelaskan, angka 65 di kode ban tersebut juga biasa disebut dengan aspec ratio. Selanjutnya ada huruf R yang maksudnya adalah konstruksi ban yang menggunakan model Radial.

"16 adalah diameter pelek atau rim yaitu 16 inci," ucap Zulpata.

Baca juga: Kendaraan Listrik Diusulkan Dapat Keringanan Tol dan Parkir


Kemudian ada lagi angka 95 yang maksudnya adalah load index. Load index adalah kemampuan memikul beban per ban, angka 95 sama dengan 690 Kg.

"Terakhir, H adalah index kecepatan. Untuk H bisa sampai 210 kpj," kata Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com