Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Bilang Cukup Empat GR Model Tanpa Ada Tambahan Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota beberapa kali mengeluarkan suatu model dengan versi Gazoo Racing (GR). Namun, belum lama ini dikabarkan Toyota tidak berniat akan menambahkan lagi pilihannya.

Pada beberapa model Toyota meluncurkan beberapa model andalan dengan status racing, yakni GR. Ada GR Supra, GR86, GR Yaris, dan GR Corolla.

Jadi, Toyota menggunakan basis mobil yang sudah ada, lalu mendapat sentuhan khusus di beberapa bagian, tapi lebih berfokus pada performa.

Toyota mengaku sudah cukup dengan keempat model GR tersebut. Pabrikan asal Jepang ini belum memiliki rencana lagi untuk menambah jajaran GR.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Teknisi Toyota GR86 Yasunori Suezawa. Dia mengatakan, tidak ada lagi mobil performa tinggi yang akan diperkenalkan di masa depan.

"Tidak ada lagi, jadi ini (GR86) adalah yang terakhir," ujar Suezawa, dikutip dari Carbuzz.com, Rabu (5/10/2022).

Sebab, belum lama ini juga ada rumors bahwa Toyota akan membangkitkan MR2, sedan berperforma tinggi. Namun, rencana tersebut belum terlihat pergerakannya atau mungkin masih sangat rahasia.

"Untuk GR, pada dasarnya ini adalah yang terakhir. Tapi, kami punya GR Sport (sub-brand) yang akan kami perluas dengan model-model lainnya, seperti Corolla, Yaris Cross, dan C-HR," kata Suezawa.

Pernyataan tersebut ada benarnya juga. Sebab, saat ini Toyota sedang fokus dalam mengembangkan kendaraan elektrik dan mesin bertenaga hidrogen.

Mengembangkan untuk mobil para pehobi mungkin saja terlalu menghabiskan banyak waktu dan uang. Sehingga, tidak sesuai dengan target perusahaan untuk mengurangi jumlah emisi di dunia.

Sehingga, muncul juga rumors bahwa Toyota akan menghadirkan mobil listrik berperforma tinggi. Dikabarkan bahwa Toyota sedangkan mengembangkan mobil sport elektrik dengan bantuan Mazda, yang berada di bawah bendera GR.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/05/102200315/toyota-bilang-cukup-empat-gr-model-tanpa-ada-tambahan-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke