Kompas.com - 24/09/2022, 10:02 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Ban tubeless sudah jadi komponen standar motor modern. Meski dianggap lebih aman, jika bocor ban tubeless malah lebih merepotkan, bisa bocor halus walau sudah ditambal. 

Lantaran biaya, kesepakatan bengkel dan pemilik motor biasanya memilih jalan tengah dengan menggunakan ban dalam. Lalu, apakah aman? 

Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia mengatakan, solusi jitu memasang ban dalam guna mengatasi ban tubeless bocor halus tidak masalah. 

"Perhatikan dulu thread wear indicator (TWI), kalau terlalu tipis tidak aman," ucap Aan kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: Masih Amankah Menggunakan Ban Tubeless yang Sering Ditambal?

Tentu dibalik solusi murah itu ada konsekuensinya, kenyamanan kendaraan berkurang. Ban jadi tidak stabil menapak permukaan aspal. Antara ban dalam dan ban luar tidak bisa presisi. 

Motor jadi tidak nyaman digunakan, bisa dibilang seperti melewati jalan bergelombang. 

Permukaan ban tubeless bergelombang Dicky Aditya Wijaya Permukaan ban tubeless bergelombang

"Beda tipis sama lewat jalan bergelombang, motor bisa oleng kanan kiri. Struktur karet ban tubeless yang keras tidak bisa elastis jika tidak langsung di isi tekanan udara," katanya. 

Sementara itu, Technical Service & Development Dept. Head ban FDR Jimmy Handoyo mengatakan, pentil ban tubeless dan ban tube type biasa berbeda. Jika dipasang, ada risiko tekanan udara ban keluar dari celah kecil dekat pentil. 

Baca juga: Segini Biaya Tambal Ban Skutik yang Bocor

"Ada ruang tersisa dekat pentil, kalau tidak teliti udara keluar lewat situ angin ban cepat habis," kata Jimmy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.