Biaya dan Syarat Bikin SIM D dan D1 per Oktober 2022

Kompas.com - 03/10/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna jalan dengan kebutuhan khusus atau difabel yang menggunakan kendaraan bermotor juga wajib hukumnya untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Berbeda dengan pengemudi mobil dan motor yang memakai SIM A dan C, untuk difabel punya SIM tersendiri, yakni SIM D dan SIM DI. Hal ini dilakukan karena kendaraan yang digunakan juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Misal, ada motor yang ditambah rodanya, dari dua jadi tiga atau empat. Kemudian ada juga mobil yang pedal gas dan remnya dimodifikasi atau dipindah ke tangan, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM C per Oktober 2022

Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

SIM D setara dengan SIM C, untuk penyandang disabilitas yang akan mengendarai sepeda motor. Sedangkan SIM DI setara dengan SIM A, digunakan untuk pemohon yang akan mengemudikan mobil.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2021, biaya pembuatan SIM D dan SIM DII adalah Rp 50.000. Sedangkan kalau mau perpanjang SIM, biayanya hanya Rp 30.000.

Selanjutnya, syarat pembuatan SIM D diatur dalam PP Nomor 44 Tahun 1993, tepatnya Pasal 217 ayat 1:

Baca juga: Jangan Menggantung Parfum di Spion Tengah


  • Mengajukan permohonan tertulis
  • Bisa membaca dan menulis
  • Memiliki pengetahuan peraturan lalu lintas dan teknik dasar berkendara
  • Batas usia minimal 17 tahun
  • Terampil mengemudikan kendaraan bermotor
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Lulus ujian teori dan praktik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.