Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha E-Vino Tidak Dijual di Indonesia

Kompas.com - 03/10/2022, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Yamaha tidak akan menjual Yamaha E-Vino di Indonesia. Skuter listrik kecil yang diperkenalkan pertama kali pada 2017 itu sengaja dihadirkan untuk studi internal Yamaha.

Asst General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro mengungkapkan, bahkan setelah perkenalan Yamaha E01, pihaknya juga belum menjual motor listrik.

Baca juga: Chopper Glamor Sinaga Raih Best Kustom Bike Show di Kustomfest 2022

Skuter listrik Yamaha e-Vino.Febri Ardani/KompasOtomotif Skuter listrik Yamaha e-Vino.

"Tidak, sampai sekarang kita belum menjual EV. (Yamaha) E01 pun masih sebatas market test. Di Indonesia (E-Vino) tidak, tapi di Jepang dijual," ungkap Anton di Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/3/2022).

Jika dilihat dari umur E-Vino juga sudah tua. Model barunya sudah meluncur pada 2020 dengan jarak tempuh lebih jauh. Adapun model yang diperkenalkan di Indonesia pada 2017 lalu eksis sejak 2014 di Taiwan.

Pada 2017 Yamaha memasukkan 10 unit E-Vino untuk uji coba di internal dan dipinjamkan ke empat pihak lain untuk melihat ekosistem motor listrik. Model uji di Indonesia adalah E-Vino spesifikasi Jepang.

Baca juga: Cara Sederhana Kembalikan Performa Mobil Tanpa Turun Mesin

Perkembangan sepeda motor listrik Yamaha global.Febri Ardani/KompasOtomotif Perkembangan sepeda motor listrik Yamaha global.

Adapun saat ini Yamaha sedang fokus untuk melakukan tes pada E01. Skutik bergaya maxi scooter yang diperkenalkan perdana di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, akhir Maret lalu.

"Kalau mau bicara teknologi EV Yamaha sudah dari tahun 1993 kalau tidak salah teknologinya sudah ada, termasuk teknologi di baterai, di motor listrik," kata Anton.

"Hanya memang di Indonesia sekarang mulai gencar untuk listrik, untuk sampai ke arah sana road map kita sudah sama, strategi juga kita sudah sudah mendukung, hanya tinggal kapan. Untuk tahap ini Yamaha Indonesia memfokuskan untuk market tes dulu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com