Kompas.com - 03/10/2022, 08:22 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Yamaha tidak akan menjual Yamaha E-Vino di Indonesia. Skuter listrik kecil yang diperkenalkan pertama kali pada 2017 itu sengaja dihadirkan untuk studi internal Yamaha.

Asst General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro mengungkapkan, bahkan setelah perkenalan Yamaha E01, pihaknya juga belum menjual motor listrik.

Baca juga: Chopper Glamor Sinaga Raih Best Kustom Bike Show di Kustomfest 2022

Skuter listrik Yamaha e-Vino.Febri Ardani/KompasOtomotif Skuter listrik Yamaha e-Vino.

"Tidak, sampai sekarang kita belum menjual EV. (Yamaha) E01 pun masih sebatas market test. Di Indonesia (E-Vino) tidak, tapi di Jepang dijual," ungkap Anton di Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/3/2022).

Jika dilihat dari umur E-Vino juga sudah tua. Model barunya sudah meluncur pada 2020 dengan jarak tempuh lebih jauh. Adapun model yang diperkenalkan di Indonesia pada 2017 lalu eksis sejak 2014 di Taiwan.

Pada 2017 Yamaha memasukkan 10 unit E-Vino untuk uji coba di internal dan dipinjamkan ke empat pihak lain untuk melihat ekosistem motor listrik. Model uji di Indonesia adalah E-Vino spesifikasi Jepang.

Baca juga: Cara Sederhana Kembalikan Performa Mobil Tanpa Turun Mesin

Perkembangan sepeda motor listrik Yamaha global.Febri Ardani/KompasOtomotif Perkembangan sepeda motor listrik Yamaha global.

Adapun saat ini Yamaha sedang fokus untuk melakukan tes pada E01. Skutik bergaya maxi scooter yang diperkenalkan perdana di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, akhir Maret lalu.

"Kalau mau bicara teknologi EV Yamaha sudah dari tahun 1993 kalau tidak salah teknologinya sudah ada, termasuk teknologi di baterai, di motor listrik," kata Anton.

"Hanya memang di Indonesia sekarang mulai gencar untuk listrik, untuk sampai ke arah sana road map kita sudah sama, strategi juga kita sudah sudah mendukung, hanya tinggal kapan. Untuk tahap ini Yamaha Indonesia memfokuskan untuk market tes dulu," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.