Sandiaga Uno Optimistis Industri Motor Custom Dongkrak Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 01/10/2022, 17:22 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, resmi membuka gelaran Kustomfest 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, (1/10/2022).

Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan, industri motor custom Indonesia sudah mendunia.

Hal ini bisa dilihat dari para peserta yang hadir turut diwakili para modifikator ternama dari luar negeri, seperti Jepang, Amerika Serikat, Italia, Thailand, dan negara-negara lainnya.

Menurutnya, saat ini dunia motor custom masuk dalam industri desain produk yang diprediksi bakal terus meningkat pertumbuhannya.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Terkini, Pertamax dan Turbo Turun

Kustomfest kembali digelar di JEC pada 1-2 Oktober 2022.Dok. Kustomfest Kustomfest kembali digelar di JEC pada 1-2 Oktober 2022.

“Sekarang dengan adanya ekonomi kreatif undang-undang nomor 24 tahun 2019 dan PP 24 tahun 2022, industri custom ini masuk ke dalam industri kreatif di bawah rumpun desain produk industri,” ujar Sandiaga di Yogyakarta (1/10/2022).

“Dan kita harapkan akan jadi bagian dari Rp 1.300 triliun lebih, kontribusinya pada GDP yang menempatakan ekonomi kreatif ini tertinggi nomor tiga di dunia, setelah Amerika dan Korea Selatan,” kata dia.

Sandiaga menambahkan, salah satu alasan yang membuat industri motor custom terus berkembang adalah digitalisasi dan adaptasi teknologi, tapi tidak meninggalkan kearifan lokal.

Baca juga: Hadiah Pengunjung Kustomfest 2022 Motor Listrik Bergaya Chopper

“Dan pola industri kreatif ini yang berbasis imajinasi, menurut saya sangat ampuh di saat krisis kemarin dalam mempertahankan jumlah lapangan kerja,” ucap Sandiaga.

Terakhir, Sandi juga mengapresiasi bentuk undian yang diberikan penyelenggara kepada para pengunjung yang beruntung.

“Yang cukup menarik dengan harga BBM yang naik ini, ternyata Kustomfest juga bertransformasi.Sekarang tadi motor yang saya coba, yang akan diundi itu sudah berbasis listrik. Jadi itu salah satu juga transformasi energi yang sangat kami apresiasi,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.