Boleh Tidak AC Dinyalakan saat Memanaskan Mesin Mobil

Kompas.com - 01/10/2022, 17:02 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang lama tidak digunakan, memang kadang membuat pengendara merasa khawatir mengenai kondisi apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Salah satunya air conditioner (AC).

Selain itu, mesin yang lama tak dinyalakan juga memerlukan pemanasan terlebih dulu agar saat digunakan sudah siap dan bisa bekerja dengan optimal.

Lantas, apakah saat memanaskan mesin mobil boleh sambil menyalakan AC, atau sebaiknya  perlu menunggu setelah suhu kerja mesin tercapai?

Baca juga: Apakah Benar Mobil Modern Tanpa Butuh Ritual Memanaskan Mesin?

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho, mengatakan sebaiknya saat memanaskan mesin, AC dimatikan dulu untuk beberapa alasan.

“Sebaiknya AC dimatikan saat memanaskan mesin, karena kondisi mesin yang masih dingin membutuhkan bekerja ringan tanpa beban,” ucap Aji kepada Kompas.com, Sabtu (1/10/2022).

Aji mengatakan, waktu yang dibutuhkan saat memanaskan mesin juga tidak lama, hanya hitungan menit.

Baca juga: Durasi Memanaskan Mesin Mobil Modern Tidak Perlu Lama

“Tunggu sampai suhu kerja tercapai, ditandai dengan matinya lampu indikator suhu berwarna biru, itu membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit,” ucap Aji.

Indikator suhu mesinKompas.com/Erwin Setiawan Indikator suhu mesin

Dia mengatakan selain membuat kerja mesin ringan, AC yang dimatikan juga lebih efektif karena tidak akan membuat boros bahan bakar.

“Kalau AC dinyalakan itu akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros dan sia-sia, setelah suhu kerja tercapai baru lah bisa menyalakan AC untuk mencoba sistem bekerja dengan baik atau tidak,” ucap Aji.

Baca juga: Sudah Modern, Apa Masih Perlu Melakukan Ritual Memanaskan Mesin?

Dia juga menjelaskan dari sisi kerja kipas yang aktif begitu AC dinyalakan akan membuat suhu kerja mesin lebih lama tercapai, walau sistem pendingin sudah dilengkapi dengan thermostat.

“Walau ada thermostat untuk mempercepat tercapainya suhu kerja mesin, AC yang nyala akan membuat kipas langsung berputar dan justru bertolak belakang dengan tujuan thermostat,” ucap Aji.

Mesin Perodua Ativa Hybrid alias Rocky Hybrid di MalaysiaPAULTAN.org Mesin Perodua Ativa Hybrid alias Rocky Hybrid di Malaysia

Jadi, sebaiknya saat memanaskan mobil kondisi AC mobil memang dimatikan untuk sementara agar beban mesin yang masih dingin tidak langsung terbebani, irit konsumsi bahan bakarnya dan mempercepat tercapainya suhu kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.