Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Power Window, PO SAN Latih Pengemudi Agar Bisa Lebih Awet

Kompas.com - 29/09/2022, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus baru PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) dari Karoseri Laksana dipasang opsi power window di sisi pengemudi. Ini menjadi inovasi terbaru dari Laksana untuk bodi bus di Indonesia.

Secara tampilan, ukuran bukaan kaca memang jadi lebih besar. Selain itu, pengoperasiannya juga cukup tekan tombol saja, naik dan turun.

Namun, perlu diketahui kalau ini adalah hal yang baru pada bus. Tentu daya tahan dari sistem elektris ini masih dipertanyakan, serta apakah lebih baik daripada model kaca geser yang digunakan.

Baca juga: PO Rosalia Indah Tambah Lagi Bus Tingkat dari Karoseri Adiputro

Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri Laksana

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN mengatakan, pihaknya akan mencari cara agar teknologi yang masih baru ini tetap awet dan fungsional.

"Gimana biar enggak rusak, harus dirawat dan digunakan dengan tepat," ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Jadi sebelum pengemudi memakai bus baru tersebut, PO SAN memberi pelatihan pada penggunaan power window. Hal ini penting agar power window bisa digunakan dengan tepat dan awet.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda CVT Bermasalah pada Mobil Matik


"Kalau mereka tidak paham apa yang mereka gunakan (power window), ambyar kita," ucap Sani.

Pelatihannya pun cukup sederhana, seperti bagaimana cara kerja dan menggunakannya. Memang pengoperasiannya tidak jauh berbeda dengan yang ada di mobil penumpang, tapi ada sedikit perbedaan.

"Power window di mobil kecil lebih luwes, karena posisinya sudah pas dengan tangan, kacanya lebih kecil juga tipi. Kalau di bus, kacanya lebih besar sehingga lebih berat," ucap Sani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com