Wacana DCVI Boyong eActros LongHaul ke Indonesia pada 2025

Kompas.com - 29/09/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes Benz eActros LongHaul resmi diperkenalkan Mercedes Benz Trucks pada ajang IAA Hanover 2022, Jerman. Truk listrik tersebut akan punya jarak tempuh sekitar 500 Km dari baterai penuh.

Rencananya, truk listrik ini akan dijual di Eropa pada 2024. Sedangkan saat ini, eActros LongHaul masih dites secara intensif dan di 2023 akan dikirim ke berbagai perusahaan agar bisa dites operasional di dunia nyata.

Lalu, apakah truk listrik andalan Mercedes Benz Trucks ini juga akan datang ke Indonesia?

Baca juga: Mercedes Benz Dukung Karoseri Lokal Produksi Bodi Bus Listrik

Naeem Hassim, President Director PT Daimler Commercial Vehicles IndonesiaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Naeem Hassim, President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Naeem Hassim, President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), APM Mercedes Benz Trucks & Bus mengatakan, Mercedes Benz memang masih fokus untuk pasar Eropa terlebih dahulu.

"Ini baru akan diluncurkan di Eropa sekitar 2024, dan satu tahun kemudian mereka mempertimbangkan untuk menjual di pasar internasional," ucap Naeem di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Menyambut produk baru yang sudah diperkenalkan secara global, Naeem menanyakan langsung kepada diler dan customer. Jika memang respons baik, maka bisa saja Indonesia dipertimbangkan menjadi negara yang menjual eActros LongHaul.

Baca juga: Bahaya Memindahkan Tuas Matik CVT ke L Saat Tidak Kuat Menanjak

"Saya akan mulai berbicara ke diler, ke customer sekarang dan tanya, siapa yang tertarik pada eActros LongHaul? kalau ada yang tertarik bisa beri tahu saya," ucap Naeem.

Jika dirasa respons baik, Naeem menyampaikan hal tersebut saat dirinya ke Jerman Oktober mendatang. Jadi tinggal tunggu eActros mulai dijual di Eropa, baru satu tahun setelahnya bisa dijual di Indonesia.

"Tentu lebih dahulu di Eropa (2024) tapi mungkin 2025, saya bisa angkat tangan dan bilang Indonesia bisa menjadi salah satu pasar dan akan menjualnya," ucap Naeem.

Soal Eropa, memang selalu jadi prioritas penjualan truk listrik. Hal ini bisa dilihat dari infrastrukturnya yang sudah siap, baik sisi charging station sampai konsultasi untuk operasional yang maksimal.

"Saya yakin Pemerintah Indonesia di 2024 bisa siap juga, baik secara konsultasi maupun infrastruktur (menyambut kendaraan listrik)," ucap Naeem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.