BMW XM Diperkenalkan, M-Series Pertama Berteknologi Hybrid

Kompas.com - 29/09/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW belum lama ini resmi memperkenalkan mobil listrik terbarunya, yakni XM. Sport utility vehicle (SUV) ini menjadi mobil M-Series pertama yang punya teknologi elektrifikasi.

BMW Motorsport GmbH yang lebih dikenal sebagai BMW M sudah menjadi bagian dari BMW sejak 1972. Divisi motorsport ini yang menghasilkan mobil-mobil BMW berperforma tinggi.

Baca juga: Tak Hanya Listrik, BMW Minta Produsen Mobil Juga Fokus ke Hidrogen

Setelah banyak mobil berperforma tinggi dengan mesin pembakaran internal, BMW M akhirnya mengembangkan juga kendaraan elektrifikasi. Mobil ini mengambil basis dari platform SUV X.

BMW XMDok. BMW BMW XM

Dikutip dari Autoweek.com, Kamis (29/9/2022), BMW XM akan mulai diproduksi akhir tahun ini. Sehingga, bisa mulai dipasarkan pada 2023. Rencananya, BMW XM akan dipasarkan dengan harga 159.995 dolar AS atau setara dengan Rp 2,4 miliar.

Pada dapur pacunya, BMW XM dibekali dengan mesin 4.4 L twin-turbo V8. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor elektrik. Total tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 644 tk pada 5.400 rpm dan torsi 800 Nm pada 1.600 rpm.

Baca juga: BMW iX Pertama yang Jadi Mobil Patroli Polisi

Jika masih kurang, BMW juga akan menyediakan varian Label Red yang lebih bertenaga. BMW mengklaim tenaganya bisa tembus 735 tk dan torsi 996 Nm. Tenaga akan langsung dialirkan ke semua roda dengan all-wheel-drive xDrive.

BMW XMDok. BMW BMW XM

Mobil hybrid ini dapat melaju hingga 88 kilometer dengan tenaga listrik sepenuhnya. Kapasitas baterainya sendiri hanya 25,7 kWh. Mesin BMW XM dipadukan dengan sistem transmisi M Steptronic 8-percepatan.

Soal kemampuan akselerasi, mobil ini dapat melaju hingga 96 Kpj dalam 4,1 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, bisa tembus 249 Kpj.

BMW XMDok. BMW BMW XM

Dari segi desain, jelas terlihat BMW XM sangat terlihat futuristis dan agresif. Tapi, tetap memertahankan kidney grille yang besar dengan lampu utama yang sipit.

Tentunya, mobil ini juga dibangun dengan menggunakan berbagai material premium di interior.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.