Bukan Tempat Gembok, Ini Fungsi Lubang pada Rem Cakram Motor

Kompas.com - 29/09/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -  Kebanyakan sepeda motor modern sudah dilengkapi sistem pengereman rem cakram. Hal ini guna meningkatkan sisi keselamatan dalam berkendara. 

Bila diperhatikan, piringan cakram pada motor selain dari dimensi, bentuknya juga dibuat bervariasi. Paling membedakan dari jumlah lubang-lubangnya.

Nah, bicara soal lubang piringan cakram motor, meski sudah umum, tapi tak sedikit yang masih belum mengetahui soal fungsinya.

Bahkan ada yang mengganggap hanya sekadar hiasa. Parahnya lagi dijadikan sebagai tempat untuk mengaitkan gembok.

Baca juga: Chopper Glamor Sinaga, Berbalut Emas 24 Karat

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari lubang tersebut?  

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, lubang pada piringan cakram dibuat bukan sebagai hiasan, tapi memiliki fungsi sebagai standar keamanan. 

Lubang pada piringan cakram sepeda motor Stanly Lubang pada piringan cakram sepeda motor

"Desain lubang pada rem cakram dibuat banyak supaya piringan tidak mudah memuai. Tujuannya, melepaskan panas gesekan kampas rem selama pengereman," ucap Nurhadi dihubungi Kompas.com, Rabu (28/9/2022). 

Lubang-lubang kecil piringan cakram akan membantu pendinginan, sehingga berlangsung lebih cepat. 

Fungsi berikutnya adalah berguna untuk membuang kotoran seperti debu, dengan begitu piringan cakram tidak gampang lecet. 

"Kalau ada kotoran seperti kerikil, jadi tidak gampang tergerus," katanya. 

Baca juga: Lampu Rem Skutik Sering Putus, Coba Cek Bagian Ini

Sementara itu, Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Mranggen Herta Arcadia menjelaskan, lubang-lubang piringan cakram dibuat sebagai stabilisator penyeimbang. Berfungsi menjaga handling kendaraan. 

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

"Biasanya pabrikan menyesuaikan dengan power kendaraan. Semakin besar, kapasitas mesin motor, ukuran disc brake otomatis tambah besar. Antara pengereman dan power seimbang," kata Herta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.