Berapa Biaya Bikin Bus SHD di Karoseri Adiputro?

Kompas.com - 26/09/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus buatan Karoseri Adiputro memang menjadi bodi yang cukup diminati berbagai operator bus di Indonesia. Salah satu model yang kerap digunakan adalah Jetbus 3+ SHD.

Berbeda dengan Jetbus yang biasa seperti Jetbus HDD dan MHD, bodi SHD lebih tinggi, tepatnya sekitar 3,8 meter. Oleh karena itu, tampilannya jadi lebih gagah karena dimensinya yang tinggi.

Bodi Jetbus SHD ini juga bisa digunakan pada sasis non premium sampai tronton. Tapi, sayarat yang harus diikuti untuk memakai bodi bus ini adalah sistem suspensi yang lebih stabil karena bodinya yang tinggi untuk mengurangi gejala roll.

Baca juga: Bus Listrik Dinilai Belum Ideal untuk Layanan AKAP

Bus AKAP baru PO 27 TrnsDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO 27 Trns

Lalu berapa biayanya kalau mau membuat bus dengan bodi Jetbus SHD?

Perlu diketahui, sebelum membuat bus, pemesan harus beli dahulu sasisnya. Lalu, ketika sudah mendapatkan sasis, bisa diantar ke karoseri untuk dibuatkan bodi bus.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk pembuatan bodi saja, harganya berbeda-beda tergantung dari sasis yang digunakan.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

"SHD itu harganya mulai Rp 550 juta. Sedankan untuk sasis 1836 atau K360 harganya Rp 572 juta dan untuk sasis tronton Rp 610 juta. Itu bodi saja kosongan, belum AC dan bangku," ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Belum lagi jika operator menginginkan tambahan fitur di kabin, seperti pasang toilet atau sekat smoking area, biayanya bisa tambah. Sedangkan untuk AC, harganya ada di kisaran Rp 100 juta.

Kemudian soal bangku, harga per satuan mulai Rp 2,7 juta untuk yang standar. Kalau misalnya mau dipasang AVOD, fitur pijat, atau reclining otomatis, harganya bisa sampai belasan juta rupiah.

Jadi kalau untuk bodinya saja ditambah AC dan bangku, bisa ada di harga mulai Rp 700 juta sampai Rp 800 jutaan. Kemudian ditambah sasis bus yang harganya sudah ada di atas Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar untuk yang tronton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.