Kompas.com - 26/09/2022, 10:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilik Honda ADV 160 dan PCX 160 mesti lebih waspada saat berkendara. Sebab kedua motor disebut memiliki masalah di sektor CVT.

Hal ini diketahui dari pengumuman recall atau kampanye penarikan kembali yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM).

Melalui undangan pribadi kepada konsumen, AHM melakukan pemanggilan motor Honda ADV 160 dan PCX 160 agar melakukan penggantian komponen.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.Foto: KOMPAS.com/Adityo Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.

General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibuddin, mengkonfirmasi bahwa pihaknya melakukan recall.

“Betul, penanganannya dengan mengundang beberapa konsumen pemilik model tersebut ke AHASS untuk pemeriksaan bagian Pulley Assy Driven,” ujar General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibuddin, kepada Kompas.com, Senin (26/9/2022).

“Ini untuk memastikan kondisi sepeda motornya selalu dalam kondisi terbaik,” kata dia.

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

Dalam undangan yang beredar di forum Honda ADV dan PCX di jejaring Facebook maupun Youtube, disebut bahwa pabrikan menemukan malfungsi pada part CVT kedua produk itu.

Kabarnya, pulley assy driven atau face set driven mengalami ketebalan yang tidak merata akibat proses produksi yang kurang sempurna.

Apabila dibiarkan, bisa menimbulkan suara pada area CVT. Dalam jangka waktu lama, juga dapat mengakibatkan penurunan kinerja dari part tersebut, sehingga harus dilakukan pergantian part.

Baca juga: Waspada, Ini Perilaku yang Bikin Pendek Usia Transmisi CVT

AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.Dok. AHM AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.

Konsumen para pemilik ADV 160 dan PCX 160 sebetulnya bisa melakukan pengecekan sendiri, untuk memastikan bahwa produknya ikut dalam program perbaikan atau tidak.

Caranya dengan mengecek di situs resmi AHM, nanti di sana konsumen diminta untuk memasukkan nomor rangka kendaraan.

“Jumlahnya saya enggak hafal, yang pasti bisa ke semua AHASS dengan waktu pengerjaan sekitar 40 menit,” kata Muhib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.