Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Bertenaga, Chery Tiggo 8 Pro atau Mazda CX-9?

Kompas.com - 22/09/2022, 12:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Tiggo 8 Pro akan meluncur pada Oktober 2022. Mobil ini akan mengisi segmen sport utility vehicle (SUV) premium, yang salah satunya diisi oleh Mazda CX-9.

Kedua mobil tersebut cukup bersaing dari segi fitur dan teknologi. Tapi, soal spesifikasi mesin, terdapat sedikit perbedaan.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro Dilengkapi Teknologi ADAS, Bisa Baca Marka Jalan

Mazda membekali CX-9 dengan mesin SKYACTIV-G 2.5 L Turbo, 4-silinder sejajar, DOHC, 16 katup, dan berkapasitas 2.488 cc. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Interior Chery Tiggo 8 ProKompas.com/Donny Interior Chery Tiggo 8 Pro

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 227 tk pada 5.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 420 Nm pada 2.000 rpm.

Sementara Chery, menyematkan mesin 2.0 L Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI). Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi Dual Clutch 7-percepatan. Belum diketahui lebih detail terkait spesifikasi mesin, karena mobil ini belum resmi meluncur.

Baca juga: Adu Fitur Chery Tiggo 8 Pro Vs Hyundai Palisade, Mana Lebih Canggih?

Mazda CX-9 AWDKompas.com/ApridaMegaNanda Mazda CX-9 AWD

Tapi, untuk tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mesin tersebut diklaim dapat tembus 250 tk. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 400 Nm.

Jika dilihat data spesifikasi dari masing-masing pabrikan, kedua mobil tersebut sama-sama dibekali dengan turbocharger. Kapasitas mesin CX-9 lebih besar, tapi tenaga yang dihasilkan malah lebih besar Tiggo 8 Pro. Namun, CX-9 memiliki torsi yang sedikit lebih besar.

Mazda CX-9 AWDKompas.com/ApridaMegaNanda Mazda CX-9 AWD

Soal harga, Mazda CX-9 dipasarkan mulai Rp 887,7 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 958,8 juta (OTR Jakarta). Sementara Tiggo 8 Pro, kabarnya akan dibanderol oleh Chery di kisaran Rp 550 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com