Kompas.com - 22/09/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu alternatif untuk masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan harga lebih terjangkau adalah mobil bekas. Saat ini, pilihannya sudah cukup bervariasi.

Ada berbagai model dengan kisaran harga yang berbeda-beda, tergantung dari tahun pemakaian, kondisi eksterior dan interior, keadaan mesin, dan lainnya.

Namun, tetap ada mobil bekas favorit di pasar. Salah satunya adalah mobil genre low multi purpose vehicle (LMPV) yang memang menyasar pada kebutuhan mobil keluarga.

Baca juga: Pasar LMPV Bergairah, Avanza Dominan, Stargazer Salip Confero

"Saat ini unit LMPV masih menjadi dominan penjualan mobil bekas. Diikuti oleh city car," ucap staf Mobil88 Bayu kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

LMPV sendiri di pasaran mobil baru juga masih menjadi primadona. Sebelumnya, berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Juli 2022, segmen MPV murah naik 19,5 persen secara bulanan, menjadi 13.963 unit.

Sejumlah mobil yang termasuk dalam MPV murah di antaranya adalah Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Cross

Penjualan wholesales LMPV per Juli 2022 juga masih dipimpin oleh Toyota Avanza, dengan 7.452 unit. Disusul dengan Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, hingga LMPV baru Hyundai Stargazer.

Mobil baru Toyota Avanza saat ini dibanderol mulai Rp 233 jutaan. Sedangkan mobil bekas Avanza ada di rentang Rp 90 jutaan sampai Rp 200 jutaan, tergantung dari kondisi mobil dan tahun produksi.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Senada, Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran mengatakan bahwa mobil yang masih tinggi peminat saat ini adalah mobil keluarga.

"Untuk saat ini, mobil yang diminati masih tetap mobil keluarga, seperti Ertiga dan Xpander," ucap Andi kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.