Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Bekas Favorit Masih Didominasi Avanza dan Sejenisnya

Kompas.com - 22/09/2022, 08:42 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu alternatif untuk masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan harga lebih terjangkau adalah mobil bekas. Saat ini, pilihannya sudah cukup bervariasi.

Ada berbagai model dengan kisaran harga yang berbeda-beda, tergantung dari tahun pemakaian, kondisi eksterior dan interior, keadaan mesin, dan lainnya.

Namun, tetap ada mobil bekas favorit di pasar. Salah satunya adalah mobil genre low multi purpose vehicle (LMPV) yang memang menyasar pada kebutuhan mobil keluarga.

Baca juga: Pasar LMPV Bergairah, Avanza Dominan, Stargazer Salip Confero

"Saat ini unit LMPV masih menjadi dominan penjualan mobil bekas. Diikuti oleh city car," ucap staf Mobil88 Bayu kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

LMPV sendiri di pasaran mobil baru juga masih menjadi primadona. Sebelumnya, berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Juli 2022, segmen MPV murah naik 19,5 persen secara bulanan, menjadi 13.963 unit.

Sejumlah mobil yang termasuk dalam MPV murah di antaranya adalah Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Cross

Penjualan wholesales LMPV per Juli 2022 juga masih dipimpin oleh Toyota Avanza, dengan 7.452 unit. Disusul dengan Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, hingga LMPV baru Hyundai Stargazer.

Mobil baru Toyota Avanza saat ini dibanderol mulai Rp 233 jutaan. Sedangkan mobil bekas Avanza ada di rentang Rp 90 jutaan sampai Rp 200 jutaan, tergantung dari kondisi mobil dan tahun produksi.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Senada, Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran mengatakan bahwa mobil yang masih tinggi peminat saat ini adalah mobil keluarga.

"Untuk saat ini, mobil yang diminati masih tetap mobil keluarga, seperti Ertiga dan Xpander," ucap Andi kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com